Satu Provinsi di Filipina Diisolasi Total untuk Cegah Masuknya Covid Varian Baru dari Malaysia

Anton Suhartono ยท Kamis, 31 Desember 2020 - 13:46:00 WIB
Satu Provinsi di Filipina Diisolasi Total untuk Cegah Masuknya Covid Varian Baru dari Malaysia
Provinsi Sulu di Filipina akan diisolasi total untuk mencegah masuknya virus corona varian baru dari Malaysia (Google Map)

MANILA, iNews.id - Provinsi di Kepulauan Sulu, Filipina, akan diisolasi untuk mencegah masuknya kasus virus corona varian baru yang ditemukan di Malaysia. Jarak kepulauan Sulu dekat dengan Negara Bagian Sabah, Malaysia, dan menjadi lalu lintas nelayan.

Gubernur Sulu Abdusakur Tan mengatakan, akses masuk dan keluar wilayahnya akan ditutup selama 2 pekan mulai Senin (4/1/2021).

"Ini untuk mengamankan pantai kami dari Covid-19 (baru) yang sudah dilaporkan di Sabah, Malaysia, mengingat kami sangat dekat," kata Abdusakur, kepada stasiun televisi ANC, sebagaimana dilaporkan kembali Reuters, Kamis (31/12/2020).

Menurut Abdusakur, isolasi akan berakhir pada 17 Januari 2021 namun bisa diperpanjang. Warga lokal yang saat ini berada di luar pulau tidak diperbolehkan masuk mulai Senin.

Provinsi berpenduduk lebih dari 900.000 jiwa itu sejauh ini hanya memiliki dua kasus aktif Covid-19. Dengan 242 kasus Covid-19 dan 12 korban meninggal dunia, Sulu dianggap sebagai wilayah di Filipina yang berhasil mengendalikan wabah virus corona. 

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2