Saudi Tutup Tempat Fitness Terkait Video Viral Perempuan Tak Berjilbab

Anton Suhartono ยท Sabtu, 21 April 2018 - 11:49 WIB
Saudi Tutup Tempat Fitness Terkait Video Viral Perempuan Tak Berjilbab

Ilustrasi (Foto: AFP)

RiYADH, iNews.id - Otoritas Arab Saudi menutup pusat kebugaran di Riyadh terkait beredarnya video promosi yang menujukkan perempuan tanpa mengenakan jilbab tengah berolahraga.

"Kami tidak bisa menoleransi ini," kata kepala otoritas olahraga Saudi, Turki Al Sheikh, dikutip dari AFP, Sabtu (21/4/2018).

Dia memerintahkan agar surat izin tempat fitness itu dicabut. Tak hanya itu, Sheikh juga meminta jajarannya menyelidiki siapa yang bertanggung jawab di balik pembuatan video itu.

Video yang beredar luas di media sosial itu menjadi viral di Saudi. Menurut laporan AFP, video promosi tempat fitness itu berisi seorang perempuan tak mengenakan penutup kepala sedang menendang karung tinju.

Dalam laporannya, otoritas olahraga Saudi menyebut video tersebut mengandung muatan yang bisa merusak moral masyarakat.

Penasihat pengadilan kerajaan Saudi, Saudi Al Qahtani, mendesak otoritas untuk segera merespons kasus ini. Menurut dia, kebebasan yang disuarakan putra mahkota Mohammed bin Salman terhadap perempuan bukan berarti kebablasan dan merusak moral.

Perempuan tetap harus menutup aurat atau berpakaian yang tidak menonjolkan bagian tubuhnya. Karena itu Saudi menekankan penggunaan abaya bagi perempuan.

Sebelumnya Saudi mencabut beberapa aturan yang membatasi perempuan, seperti larangan mengemudi dan hadir di stadion untuk menyaksikan pertandingan olahraga. Meski demikian, izin tetap menjadi syarat utama. Mereka boleh keluar asal mendapat izin dari keluarga, seperti ayah, suami, dan lainnya.


Editor : Anton Suhartono