Sehari Jelang Lockdown, Manila Berlakukan Jam Malam untuk Cegah Korona

Anton Suhartono ยท Sabtu, 14 Maret 2020 - 17:56:00 WIB
Sehari Jelang Lockdown, Manila Berlakukan Jam Malam untuk Cegah Korona
Otoritas Manila memberlakukan jam malam untuk mencegah virus korona setelah pemerintah mengumumkan korban terinfeksi menjadi 98 (Foto: AFP)

MANILA, iNews.id - Otoritas Manila, Filipina, memberlakukan jam malam pada Sabtu (14/3/2020). Semua orang diharuskan berada di rumah sampai Minggu subuh.

Keputusan ini diambil setelah pemerintah mengumumkan penambahan jumlah korban terinfeksi virus korona di negara itu menjadi 98, delapan di antaranya meninggal. Setidaknya lima di antara korban meninggal berada di Manila.

General Manager Otoritas Pengembangan Metro Manila, Jose Arturo Garcia, mengatakan, jam malam diberlakukan mulai pukul 20.00 hingga 05.00 waktu setempat, untuk mencegah penyebaran virus di wilayah berpenduduk sekitar 13 juta jiwa itu.

Langkah ini diambil sehari menjelang penerapan lockdown yang diumumkan Presiden Rodrigo Duterte pada Kamis.

"Kami ingin Anda tetap berada di rumah. Risiko penularan meningkat setiap kali Anda bergerak," kata Garcia, dikutip dari AFP.

Wali kota di 17 daerah Manila juga mendorong pusat-pusat perbelanjaan untuk tutup sementara. Sekolah juga ditutup selama sebulan dan pertemuan massal dilarang.

Menteri Dalam Negeri Eduardo Ano mengatakan, semua langkah harus dilakukan untuk pencegahan.

"Pada titik ini kami tidak bisa menyangkal," kata Ano.

Siapa pun yang melanggar jam malam, kata dia, akan diberi pengertian terlebih dulu. Namun jika mereka menolak instruksi petugas untuk pulang maka akan ditindak.

Editor : Anton Suhartono