Sekitar 250.000 Orang Melayat Ratu Elizabeth, Masih di Bawah Mantan PM Inggris Winston Churchill

Anton Suhartono ยท Selasa, 20 September 2022 - 14:58:00 WIB
Sekitar 250.000 Orang Melayat Ratu Elizabeth, Masih di Bawah Mantan PM Inggris Winston Churchill
Jenazah Ratu Elizabeth II disemayamkan di Westminster Hall (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Sekitar 250.000 orang melayat jenazah Ratu Elizabeth II saat disemayamkan di Westmintser Hall, London. Jenazah Ratu disemayamkan sejak Rabu sampai Senin (14-19/9/2022) pagi atau sekitar 5 hari.

Menteri kebudayaan Inggris Michelle Donelan mengatakan sekitar 250.000 orang masuk ke gedung yang berada di kompleks parlemen itu secara bertahap. Itu pun otoritas sempat menghentikan antrean karena memanjang sejauh 8 kilometer. Ada warga yang harus rela menunggu hingga 14 jam sampai bisa memasuki Westminster Hall.  

"Kira-kira 250.000. Kami hanya menghitung angka-angka terakhir itu," kata Donelan, kepada radio Times, seraya menambahkan jumlah pasti akan dirilis pada waktunya.

Warga dari berbagai usia dan kalangan, dalam maupun luar negeri, memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah Ratu Elizabeth II. Ratu meninggal pada 8 September di Kastil Balmoral, Skotlandia, dalam usia 96 tahun. Dia menjadi pemimpin monarki terlama sepanjang sejarah Inggris, yakni berkuasa selama 70 tahun lebih.

Jenazah ibunda dari Raja Charles III itu dimakamkan melalui prosesi kenegaraan pada Senin kemarin. Jenazah dibawa menggunakan kereta meriam yang ditarik 142 prajurit Angkatan Laut Kerajaan Inggris dari Westminster Hall menuju Westminster Abbey untuk menjalani upacara pemakaman kenegaraan.

Dari situ peti kembali dibawa menggunakan kereta yang sama ke Wellington Arch. Setelah itu, peti dipindah ke mobil jenazah kemudian dibawa ke Kapel St George, Kastil Windsor, untuk dimakamkan.

Persemayaman kenegaraan besar terakhir digelar di Westminster Hall untuk jenazah Winston Churchill yang menjadi perdana menteri Inggris di masa perang. Dia meninggal pada 1965, sebanyak 321.360 orang melayat jenazahnya selama beberapa hari persemayaman.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda