Sekjen PBB Guterres dan Erdogan Akan Bertemu Zelensky di Ukraina, Bahas Apa?

Anton Suhartono · Rabu, 17 Agustus 2022 - 10:55:00 WIB
Sekjen PBB Guterres dan Erdogan Akan Bertemu Zelensky di Ukraina, Bahas Apa?
Recep Tayyip Erdogan (kanan) dan Antonio Guterres akan bertemu Volodymyr Zelensky di Lviv (Foto: Reuters)

NEW YORK, iNews.id - Sekjen PBB Antonio Guterres dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan berkunjung ke Ukraina untuk bertemu Presiden Volodymyr Zelensky pada Kamis (18/8/2022). Para pemimpin akan membahas berbagai isu, termasuk ekspor biji-bijian dari Ukraina.

Juru Bicara PBB Stephane Dujarric Guterres akan mengunjungi pelabuhan Odesa, Ukraina, di Laut Hitam, tempat pengiriman gandum dan biji-bijian untuk ekspor.

Dia menambahkan, Guterres juga akan bertemu Zelensky di Lviv, dekat perbatasan Polandia, membahas kondisi di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhia. Selian itu mereka akan mencari solusi politik terkait konflik dengan Rusia.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan melakukan kunjungan kerja sehari ke Lviv atas undangan Zelensky.

Pernyataan dari Direktorat Komunikasi Kepresidenan Turki mengungkap, para pemimpin akan mengevaluasi semua aspek hubungan strategis kedua negara dalam pertemuan tersebut.

Selain itu Erdogan, Zelensky, dan Guterres akan melakukan pertemuan trilateral, membahas prospek pedamaian Ukraina-Rusia.

Ukraina dan Rusia saling menyalahkan atas penembakan di PLTN Zaporizhzhia. Pembangkit tenaga nuklir terbesar di Eropa itu sudah direbut Rusia sejak Maret namun dioperasikan oleh teknisi Ukraina.

PBB ingin memfasilitasi kunjungan inspektur Badan Energi Atom Internasional (IAEA) ke Zaporizhzhia dari Kiev, namun Rusia menilai misi yang melalui Kiev terlalu berbahaya.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda