Sekjen PBB Sebut Ada Negara yang Menolak Fakta Covid-19 dan Abaikan Pedoman WHO

Anton Suhartono ยท Jumat, 04 Desember 2020 - 08:37:00 WIB
Sekjen PBB Sebut Ada Negara yang Menolak Fakta Covid-19 dan Abaikan Pedoman WHO
Antonio Guterres sebut ada negara yang masih belum percaya dengan fakta Covid-19 dan mengabaikan pedoman WHO (Foto: Reuters)

NEW YORK, iNews.id - Sekjen PBB Antonio Guterres mengecam negara-negara yang masih menolak fakta tentang pandemi virus corona serta mengabaikan pedoman dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Namun Guterres tak menyebut negara yang dimaksud.

Dalam pidatonya di sesi khusus Majelis Umum PBB membahas respons Covid-19, Kamis (3/12/2020), Guterres menegaskan sejak awal WHO sudah memberikan arahan mengenai penyakit yang kasus pertamanya terdeteksi di Wuhan, China, ini.

Sesi khsusus Majelis Umum PBB berlagsung Kamis dan Jumat, menghadirkan sekitar 140 kepala negara serta menteri yang menyampaikan pidato melalui rekaman.

“Sejak awal, WHO memberikan informasi faktual dan panduan ilmiah yang seharusnya menjadi dasar untuk respons global yang terkoordinasi,” kata Guterres, dikutip dari Reuters, Jumat (4/12/2020).

"Sayangnya, banyak dari rekomendasi yang tidak diikuti. Dalam beberapa kondisi, ada penolakan fakta dan pengabaian pedoman. Saat negara-negara berjalan sendiri-sendiri, virus menyerang ke segala arah," ujarnya.

Guterres juga mendorong ketersediaan vaksin Covid-19 untuk semua. Dia mendesak negara-negara kaya membantu negara berkembang dalam memerangi memulihkan kondisi.

Dalam kesempatan yang sama Kanselir Jerman Angela Merkel memuji peran WHO dalam memerangi virus corona.

"Pandemi tersebut menggarisbawahi pentingnya Organisasi Kesehatan Dunia, sebuah lembaga yang perlu diperkuat," kata Merkel.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3