Selandia Baru Tetap Akan Longgarkan Pembatasan Covid, meski Ada Ancaman Omicron

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 29 November 2021 - 14:32:00 WIB
Selandia Baru Tetap Akan Longgarkan Pembatasan Covid, meski Ada Ancaman Omicron
Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern. (Foto: Dok. 2019)

WELLINGTON, iNews.idSelandia Baru tetap akan melonggarkan sejumlah pembatasan terkait Covid-19 dalam pekan ini. Keputusan itu bakal dilaksanakan oleh pemerintah negeri kiwi, meski virus varian omicron kini sedang menimbulkan ancaman kesehatan baru bagi dunia.

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern mengatakan, negaranya akan beralih ke sistem kehidupan dengan virus corona pada akhir pekan ini. Menurut dia, sampai sejauh ini tidak ada kasus varian omicron di Selandia Baru. 

Walaupun demikian, kata Ardern, situasi global yang berkembang sekarang ini menunjukkan bahwa pendekatan yang hati-hati tetap diperlukan untuk melakukan kontrol di perbatasan negara.

“(Varian) omicron adalah pengingat akan risiko yang masih ada di perbatasan kita,” kata Ardern pada konferensi pers, Senin (29/11/2021), seperti dikutip Reuters.

Selandia Baru memang memiliki aturan kontrol perbatasan paling ketat di dunia. Negara itu berencana untuk menutup perbatasannya bagi sebagian besar pelancong internasional selama lima bulan ke depan.

Selandia Baru juga menerapkan pembatasan baru di perbatasannya terhadap para pelancong yang  datang dari sembilan negara di kawasan selatan Afrika selatan pada akhir pekan. Menurut pemerintah setempat, hanya warga negara Selandia Baru yang diizinkan masuk ke dari sembilan negara Afrika itu. Syaratnya, mereka harus tinggal di karantina negara selama 14 hari.

Ardern mengatakan masih banyak bukti yang perlu dikumpulkan untuk mengetahui dampak dari Covid varian omicron.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: