Sembuh dari Covid-19, Presiden Brasil Bolsonaro: Apa yang Anda Takutkan, Hadapilah

Anton Suhartono ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 08:55 WIB
Sembuh dari Covid-19, Presiden Brasil Bolsonaro: Apa yang Anda Takutkan, Hadapilah

Jair Bolsonaro (Foto: AFP)

BRASILIA, iNews.id - Presiden Brasil Jair Bolsonaro sembuh dari virus corona dan sempat menjalani karantina selama 3 pekan. Dia menyebut tak ada yang perlu dikhawatirkan dari Covid-19.

Dia meminta warga Brasil untuk siap menghadapi corona karena virus ini cepat atau lambat akan mendatangi banyak orang. Pria 65 tahun itu mencontohkan kasus pada dirinya.

"Saya berada dalam kelompok berisiko tinggi. Saya tahu akan mengalaminya suatu hari nanti. Saya kira pada akhirnya hampir semua orang di sini akan terinfeksi. Apa yang Anda takutkan? Hadapilah," katanya, dikutip dari AFP, Sabtu (1/8/2020).

Lebih lanjut dia menyesalkan ada korban meninggal akibat Covid-19 setiap hari, namun itu merupakan hal biasa dalam penyakit.

"Ada orang meninggal setiap hari, karena banyak hal. Itulah hidup," tuturnya.

Bolsonaro menghadapi kritik atas penanganan pandemi virus corona yang kini tengah melonjak di Brasil, negara dengan jumlah kasus infeksi dan kematian tertinggi kedua di dunia. Sejauh ini Brasil mengonfirmasu 2,6 juta kasus Covid-19, sekitar 92.000 di antaranya meninggal dunia.

Dia dinyatakan positif terinfeksi pada 7 Juli setelah mengalami gejala yakni demam dan terpaksa menghabiskan waktu 3 pekan di kediaman dinas untuk isolasi.

Pada Kamis lalu, dalam kesempatan pertamanya menyapa publik di Negara Bagian Piaui sejak menjalani karantina, dia melepas masker di dekat para pendukung. Aksi itu dilakukan atas permintaan para pendukungnya yang meminta dia melepas masker agar bisa difoto.

Di hari yang sama, kantor presiden mengumumkan istri Bolsonaro dinyatakan positif Covid-19.

Editor : Anton Suhartono