Senat AS Akhirnya Restui Penjualan Rudal ke Arab Saudi untuk Tangkal Serangan Houthi

Anton Suhartono ยท Rabu, 08 Desember 2021 - 13:20:00 WIB
Senat AS Akhirnya Restui Penjualan Rudal ke Arab Saudi untuk Tangkal Serangan Houthi
Senat AS menolak resolusi yang melarang penjualan rudal udara ke udara ke Arab Saudi (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Senat Amerika Serikat (AS) menolak resolusi yang melarang penjualan rudal udara ke udara serta persenjataan lain ke Arab Saudi. Resolusi tersebut diusulkan politikus Partai Republik Rand Paul dan Mike Lee serta dari Demokrat Bernie Sanders. Hasil voting menunjukkan, 67 Senator menentang resolusi melawan 30 yang mendukung. 

Sebelumnya Departemen Luar Negeri AS, para pemimpin Senat, serta komisi urusan luar negeri DPR menyetujui penjualan paket senjata mencakup rudal udara ke udara jarak menengah atau AMRAAM 280 AIM-120C-7/C-8, 596 unit LAU-128 Missile Rail Launchers (MRL), serta peralatan dukungan lainnya. Rudal-rudal itu diproduksi Raytheon Technologies.

Pemerintahan Biden mengatakan sebelum sidang Senat sangat menentang resolusi tersebut.

Beberapa politisi AS mengkritik Arab Saudi terkait keterlibatannya dalam perang Yaman, konflik yang menimbulkan bencana kemanusiaan terburuk di dunia. Para politisi AS mendesak pertanggungjawaban para pemimpin Saudi atas penggunaan senjata yang dibeli tersebut.

"Mengekspor lebih banyak rudal ke Arab Saudi tidak berguna apa apa selain melanjutkan konflik dan menuangkan lebih banyak bensin ke api yang sudah mengamuk," kata Sanders, dalam pidato yang menjelaskan ketidaksetujuannnya dengan resolusi.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda