Senjata yang Diujicobakan Korut Kemarin Ternyata Rudal Taktis

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 18 Januari 2022 - 05:45:00 WIB
Senjata yang Diujicobakan Korut Kemarin Ternyata Rudal Taktis
Uji coba rudal oleh Korea Utara yang ditembakkan dari kereta api, beberapa waktu lalu. (Foto: Reuters)

PYONGYANG, iNews.idKorea Utara kembali melakukan uji coba senjatanya pada Senin (17/1/2022). Media pemerintah setempat KCNA pada Selasa (18/1/2022) ini melaporkan, senjata yang diuji coba Pyongyang kemarin adalah rudal taktis.

Rudal taktis adalah senjata jarak pendek yang dirancang untuk digunakan di area pertempuran langsung. Sementara jenis lainnya adalah rudal strategis atau disebut juga rudal jarak jauh. 

Uji coba rudal kemarin adalah yang keempat kalinya berlangsung di Korea Utara pada tahun ini. Dua peluncuran sebelumnya melibatkan rudal hipersonik yang mampu melesat dengan kecepatan tinggi dan bermanuver setelah lepas landas. 

Sementara, satu uji coba lain pada Jumat (14/1/2022) menggunakan sepasang rudal balistik jarak pendek (SRBM) yang ditembakkan dari gerbong kereta.

Militer Korea Selatan mengatakan, Korut kemarin meluncurkan dua SRBM dari sebuah bandara di Ibu Kota Pyongyang. Kedua rudal itu terbang sejauh 380 km  hingga ketinggian maksimum 42 km.

Kantor berita KCNA mengungkapkan, uji coba senjata itu diselenggarakan oleh Akademi Ilmu Pertahanan Korut. Rudal tersebut dikatakan tepat mengenai target pulau di lepas pantai timur negara itu.

“Uji coba itu bertujuan untuk secara selektif mengevaluasi peluru kendali taktis yang diproduksi dan dikerahkan dan untuk memverifikasi keakuratan sistem senjata,” ungkap KCNA seperti dikutip kembali Reuters, pagi ini.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: