Serangan Balasan Israel ke Palestina Berlanjut, Tank Hancurkan Pos Intai Hamas

Arif Budiwinarto ยท Senin, 17 Agustus 2020 - 13:48:00 WIB
Serangan Balasan Israel ke Palestina Berlanjut, Tank Hancurkan Pos Intai Hamas
Tank Israel tengah melancarkan serangan ke wilayah Jalur Gaza. (foto: Israel Hayom)

GAZA, iNews.id - Militer Israel belum berhenti menggempur wilayah Palestina yang diduga lokasi persembunyian milisi Hamas. Terbaru, tank-tank Israel menghancurkan sejumlah fasilitas pengintai di dekat perbatasan Jalur Gaza.

"Tank menargetkan sejumlah pos pengamatan militer milik organisasi teroris Hamas di Jalur Gaza," kata pernyataan militer Israel dalam bahasa Inggris yang dikutip dari AFP, Senin (17/8/2020).

Belum ada laporan korban dari serangan darat tersebut. Insiden terbaru merupakan buntut dari ketegangan di perbatasan Israel-Palestina dalam seminggu terakhir, termasuk bentrokan antara petugas jaga Israel dengan anggota milisi Hamas yang menyebabkan beberapa orang luka.

Israel telah menutup perlintasan barang Kerem Shalom dengan Jalur Gaza, pada Minggu kemarin (16/8/2020) negara Yahudi juga menutup zona penangkapan ikan pesisir di Gaza.

Militer Israel terus disiagakan sepanjang pekan menyusul meningkatnya aktivitas teror berupa balon berpeledak yang diterbangkan dari Gaza oleh milisi Hamas.

Serangan balon-balon berpeledak itu dilaporkan menyebabkan 28 kebakaran hutan dan semak, sejumlah petani juga melaporkan pada otoritas berwenang bahwa kebun alpukat mereka juga jadi sasaran serangan.

Sementara itu, Dinas Kebakaran Israel menyatakan bahwa sejak 6 Agustus lalu telah terindentifikasi sebanyak 149 kebakaran di seluruh wilayah Israel disebabkan balon berpeledak dari Gaza.

Pada Minggu (16/8/2020) kemarin, operasi angkatan udara (AU) Israel melaporkan jet tempur mereka berhasil mengenai target "kompleks militer yang digunakan untuk menyimpan amunisi dan roket" milisi Hamas.

Meskipun kesepakatan gencatan senjata yang didukung oleh PBB tercapai pada 2019, faktanya kedua pihak masih saling melancarkan serangan sporadis dengan roket, tembakan mortir atau balon berpahan peledak.

Banyak yang meyakini langkah Hamas mengirimkan balon berpeledak ke Israel sebagai cara terbaru melancarkan serangan tanpa khawatir terdeteksi sistem pertahanan udara Iron Dome.

Editor : Arif Budiwinarto