Serangan Bom Bunuh Diri Dekat Akademi Militer Afghanistan, 5 Orang Tewas

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 11 Februari 2020 - 16:52 WIB
Serangan Bom Bunuh Diri Dekat Akademi Militer Afghanistan, 5 Orang Tewas

Personel keamanan Afghanistan berjaga menyusul serangan bunuh diri di dekat pangkalan Akademi Militer Marshal Fahim di Kabul, 11 Februari 2020. (FOTO: AFP)

KABUL, iNews.id - Serangan bom bunuh diri mengguncang akademi militer di ibu kota Afghanistan, Kabul, pada Selasa (11/2/2020) pagi. Serangan itu menewaskan sedikitnya lima orang.

Belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Kementerian pertahanan menyatakan, lima orang tewas dan setidaknya enam lainnya luka dalam serangan itu.

Namun kementerian dalam negeri menyebut enam orang tewas -dua warga sipil dan empat personel militer- setelah pengebom bunuh diri meledakkan perangkat sekitar pukul 07.00 (0230 GMT).

Sebanyak 12 lainnya terluka, menurut juru bicara Nasrat Rahimi.

Ledakan itu terjadi di dekat akademi militer Marshal Fahim, tempat petugas keamanan Afghanistan dilatih.

"Itu merupakan ledakan besar yang mengguncang rumah kami. Kami juga mendengar suara tembakan sesudahnya. Ambulans bergegas ke daerah itu dengan cepat," kata warga, Samiullah, kepada AFP.

Sebuah sumber keamanan yang berbicara dengan syarat anonim mengatakan kepada AFP bahwa penyerang berjalan kaki lalu menargetkan sebuah kendaraan di dekat pos pemeriksaan, ketika memasuki akademi.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani pun mengecam serangan itu. Dia menyebut pengeboman itu kejahatan terhadap kemanusiaan, sambil mengulangi seruannya untuk gencatan senjata nasional.

"Negara besar Afghanistan menginginkan diakhirinya kekerasan, gencatan senjata, dan perdamaian abadi," katanya, dalam sebuah pernyataan.

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, mengaku tidak mengetahui pengeboman itu dan masih menyelidikinya. Kelompok ISIS juga diketahui aktif di Kabul.

Editor : Nathania Riris Michico