Soal Pertempuran di Perbatasan, Politikus India Tuduh PM Modi Menyerah kepada China

Anton Suhartono ยท Senin, 22 Juni 2020 - 13:42 WIB
Soal Pertempuran di Perbatasan, Politikus India Tuduh PM Modi Menyerah kepada China

Rahul Gandhi (Foto: AFP)

NEW DELHI, iNews.id - Pemimpin Kongres India Rahul Gandhi mengkritik Perdana Menteri Narendra Modi soal pertempuran di perbatasan Lembah Galwan dengan China yang menewaskan 20 tentara pekan lalu.

Dalam cuitan Rahul menyebut, berdasarkan gambar satelit militer China masuk ke wilayah India. Hal ini bertentangan dengan peryataan Modi sebelumnya bahwa tidak ada militer China yang menyusup dan menduduki wilayah kedaulatan India.

Faktanya, kata Rahul, militer China berada di dekat Danau Pangong yang berarti menduduki wilayah Bharat Mata.

Rahul yang berasal dari oposisi pemerintah sebelumnya juga menyerang Modi dengan mengatakan politikus nasionalis Hindu itu sebenarnya mengalah kepada China.

"Perdana Menteri telah menyerahkan wilayah India kepada agresi China,” ujaranya, seperti dikutip dari KT, Senin (22/6/2020).

Perang kata-kata dimulai setelah 20 tentara India, termasuk seorang perwira, tewas dalam bentrokan di perbatasan paling mematikan antara kedua negara sejak 45 tahun terakhir.

Kantor perdana menteri pada Sabtu membalas serangan oposisi dengan mengatakan ada upaya untuk memberikan penafsiran yang jahat.

Disebutkan, Modil secara khusus menekankan pasukan India akan melawan setiap pelanggaran perbatasan atau Garis Kontrol Aktual (LAC).

Editor : Anton Suhartono