Sosok Syekh Yusuf Al Qaradawi, Ulama Berpengaruh Hafal Alquran sejak Usia 10 Tahun

Anton Suhartono ยท Senin, 26 September 2022 - 20:40:00 WIB
Sosok Syekh Yusuf Al Qaradawi, Ulama Berpengaruh Hafal Alquran sejak Usia 10 Tahun
Yusuf Al Qaradawi (Foto: Reuters)

BEIRUT, iNews.id - Syekh Yusuf Al Qaradawi, ulama tersohor kelahiran Mesir, meninggal dunia, Senin (26/9/2022). Meski demikian ulama kelahiran Mesir itu dibenci oleh pemerintah negara-negara Teluk, termasuk Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, karena memperjuangkan pemberontakan Arab Springs pada 2011. 

Di Mesir, Al Qaradawi juga dimusuhi karena ceramah-ceramahnya yang membuat kuping pemerintah merah. Akibat pemikirannya yang ekstrem itu Al Qaradawi terpaksa menghabiskan sebagian besar hidupnya di Qatar. Pemerintah Qatar masih menerima pandangan salah satu ulama Sunni paling berpengaruh tersebut. Dia kerap berceramah di stasiun televisi Qatar Al Jazeera dan disiarkan ke seluruh dunia.

Dari ceramah-ceramahnya itulah memicu ketegangan antara Qatar dengan Arab Saudi serta beberapa negara Teluk lain. Ini pula yang memicu pemboikotan Saudi dan sekutu terhadap Qatar pada 2017 dan memasukkan Al Qaradawi dalam daftar teroris. Namun hubungan Qatar dan negara-negara Teluk serta Mesir saat ini sudah pulih.

Oleh para pendukung, pria lulusan Universitas Al Azhar Kairo itu digambarkan seorang moderat yang menawarkan penyeimbang ideologi radikal. Dia mengecam keras serangan 11 September 2001 (9/11) di Amerika Serikat (AS) dan mendukung politik demokrasi. Di sisi lain, dia menyampaikan pandangan yang menyetujui kekerasan untuk mencapai tujuan.

Usai invasi Irak yang pimpinan AS pada 2003, dia mendukung serangan terhadap pasukan koalisi. Beberapa negara bagian Barat pun melarangnya masuk. Sementara itu selama pemberontakan Arab Springs, dia menyerukan pembunuhan pemimpin Libya Muammar Gaddafi serta menyatakan jihad melawan pemerintah Presiden Suriah Bashar Al Assad yang menganut Syiah.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda