Spesifikasi Rudal Satan 2 Rusia, Bisa Bawa 10 Hulu Ledak Nuklir Sekaligus

Tika Vidya Utami ยท Sabtu, 26 November 2022 - 14:30:00 WIB
Spesifikasi Rudal Satan 2 Rusia, Bisa Bawa 10 Hulu Ledak Nuklir Sekaligus
Rudal Satan 2 atau RS-28 Sarmat (Foto: East2West)

JAKARTA, iNews.id - Rusia berhasil menguji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) Satan 2 bulan ini. Uji coba ini merupakan yang kedua setelah pada April 2022. Senjata tersebut sebenarnya bernama rudal RS-28 Sarmat. Satan 2 merupakan nama yang diberikan Barat karena kemampuannya yang mengerikan.

Rudal RS-28 Sarmat mempunyai kecepatan sekitar 16.000 kilometer per jam. Dengan kecepatannya itu, Satan 2 disebut-sebut bisa melenyapkan Inggris Raya dalam 6 menit, bahkan mungkin lebih cepat bila diluncurkan dari Kalinigrad.

Rudal berbahan bakar cair memiliki bobot 208 ton, panjang 36 meter, dan diameter 3 meter. Selain sangat cepat, daya hancur dari Satan 2 dihasilkan dari hulu ledak nuklirnya.

Presiden Vladimir Putin Usai coba uji pertama Satan 2, mengatakan rudal tersebut tak bisa dicegat oleh sistem pertahanan apa pun yang ada saat ini. Selain karena kecepatannya yang luar biasa, Satan 2 didesain bisa menghindari pelacakan sistem pertahanan anti-rudal.

Satan 2 mempunyai kapasitas muatan sekitar 10 ton dengan berbagai macam pilihan hulu ledak. Laporan media Rusia mengungkap, Satan 2 bisa membawa hingga 10 hulu ledak besar, 16 hulu ledak kecil, serta kombinasi. Setiap hulu ledak bisa dilepaskan secara terpisah untuk menghancurkan target di lokasi berbeda.

Senjata ini dirancang sebagai penerus R-36 M atau lebih dikenal SS-18. Pengembangan Satan 2 dimulai pada 2009. 

Setelah beroperasi, ditargetkan tahun ini, Satan 2 akan menjadi salah satu ICBM terkuat di dunia. 

Selain melenyapkan Inggris, Satan 2 diklaim mampu menyerang daratan Amerika Serikat. Jika diluncurkan dari wilayah Siberia, Satan 2 bisa menjangkau pantai barat AS seperti Negara Bagian Alaska dan Washington.

Malcolm Chalmers, pakar proliferasi nuklir yang juga peneliti lembaga think tank keamanan dan pertahanan Inggris Royal United Services Institute (RUSI), meluruskan anggapan efek serangan Satan 2 tak serta merta bisa memusnahkan kehidupan manusia di dunia dalam sekejap.

Dampaknya bisa saja dirasakan tapi tidak langsung, melainkan melalui perubahan iklim yang sangat luas. Itu pun membutuhkan ratusan hulu ledak untuk bisa memberikan pengaruh besar bagi kelangsungan hidup manusia di dunia.

Namun Chalmers menekankan, satu rudal Satan 2 yang dipersenjatai 10 hulu ledak saja sudah cukup menghancurkan area seluas Prancis atau Negara Bagian Texas yang artinya berpotensi membunuh jutaan orang.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda