Staf Joe Biden: Donald Trump Tak Punya Rencana Distribusi Vaksin Covid ke Masyarakat

Antara ยท Senin, 25 Januari 2021 - 06:23:00 WIB
Staf Joe Biden: Donald Trump Tak Punya Rencana Distribusi Vaksin Covid ke Masyarakat
Kepala Staf Presiden AS Joe Biden, Ron Klain. (Foto: AFP)

WASHINGTON DC, iNews.id – Pemerintahan AS di bawah kepemimpinan Donald Trump ternyata tak punya rencana untuk mendistribusikan vaksin Covid kepada masyarakat luas di negara itu, hingga masa jabatannya berakhir. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Staf Presiden AS Joe Biden, Ron Klain, akhir pekan kemarin.

“Tidak ada rencana untuk proses distribusi vaksin, terutama di luar panti jompo dan rumah sakit untuk komunitas luas, saat kami masuk ke Gedung Putih,” kata Klain di salah satu acara yang disiarkan NBC, Minggu (24/1/2021).

Biden yang resmi mengambil alih kursi kepemimpinan AS sejak Rabu (20/1/2021), sudah berjanji untuk tidak akan membuang-buang waktu untuk mengatasi pandemi Covid-19, begitu menjabat sebagai presiden. Selama Trump memerintah Amerika, pandemi virus corona telah menewaskan 400.000 orang di negara itu.

Pekan lalu, Biden menandatangani sejumlah perintah eksekutif (keputusan presiden/keppres), termasuk beberapa di antaranya terkait dengan distribusi vaksin corona.

Biden berencana untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah dan negara bagian untuk membentuk lokasi-lokasi penyuntikan vaksin di pusat-pusat pertemuan, stadion, dan gimnasium. Dia juga memerintahkan untuk menyiagakan ribuan staf klinis dari badan-badan federal, personel medis militer, serta cabang-cabang farmasi untuk meningkatkan inokulasi, dan memberikan hak vaksin bagi para guru dan penjaga toko bahan pangan.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2