Surat Pribadi Meghan Markle Dirilis Tabloid Inggris Tanpa Izin, Pangeran Harry Murka

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 02 Oktober 2019 - 10:31 WIB
Surat Pribadi Meghan Markle Dirilis Tabloid Inggris Tanpa Izin, Pangeran Harry Murka

Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, saat tur ke Afrika. (FOTO: Courtney Africa / AFP / Getty Images)

LONDON, iNews.id - Meghan Markle menggugat Mail On Sunday atas penerbitan surat pribadi dalam artikel tabloid itu. Hal itu diungkapkan suaminya, Pangeran Harry, seraya memperingatkan bahwa mereka terpaksa mengambil tindakan itu.

Dalam sebuah teguran keras terhadap tabloid Inggris, pangeran bergelar Duke of Sussex itu menggambarkan istrinya 'dikejar-kejar' oleh pers dengan cara yang sama seperti ibunya, Putri Diana, sebelum tewas dalam kecelakaan mobil Paris pada 1997 silam.

"Ketakutan saya yang paling dalam adalah sejarah terulang," kata Pangeran Harry, dalam sebuah pernyataan, seperti dilaporkan AFP, Rabu (2/10/2019).

"Saya kehilangan ibu saya dan sekarang saya menyaksikan istri saya menjadi korban kekuatan yang sama."

Pangeran Harry mengatakan, dia dan istrinya akan mengambil tindakan hukum atas isi surat pribadi itu, yang menurutnya diterbitkan secara tidak sah dan dengan sengaja dilakukan untuk merusak citranya.

"Artikel itu sengaja menyesatkan Anda dengan secara strategis menghilangkan paragraf yangs sudah dipilih, kalimat tertentu, dan bahkan kata-kata tunggal untuk menutupi kebohongan yang mereka kembangkan selama lebih dari setahun," kata dia.

Pernyataan itu tidak merujuk pada surat tertentu, namun awal tahun ini tabloid itu menerbitkan sebuah artikel tentang surat tulisan tangan yang dikirim Meghan kepada ayahnya, Thomas Markle.

"Sayangnya, istri saya menjadi salah satu korban terbaru dari tabloid pers Inggris yang melakukan kampanye terhadap individu tanpa memikirkan konsekuensi -kampanye kejam yang meningkat selama setahun terakhir, selama kehamilannya dan saat membesarkan putra kami yang baru lahir," kata sang Duke of Sussex.

"Ada 'harga manusia' atas propaganda tanpa henti ini, khususnya ketika hal itu disengaja, salah, dan berbahaya, dan meskipun kami terus memasang wajah berani- seperti yang bisa Anda saksikan- saya tidak bisa mulai menggambarkan betapa menyakitkannya selama ini," paparnya, menambahkan.

Pernyataan itu muncul berbulan-bulan setelah George Clooney memperingatkan Duchess of Sussex, yang saat itu tengah hamil tujuh bulan, bahwa dia difitnah dan dikejar oleh pers, seperti halnya Putri Diana.

Pers Inggris yang terkenal agresif awalnya menyambut Markle ke dalam lingkungan Kerajaan Inggris; dan aktris berdarah campuran itu dianggap membawa suasana baru ke dalam monarki yang dicap ketinggalan jaman dan ketat.

Namun pemberitaan semakin kritis dan banyak media kerap memberitakan soal keluarga 'Amerika' Meghan yang retak.


Editor : Nathania Riris Michico