Surati Joe Biden, Anggota DPR AS Akan Jegal Penjualan Jet Tempur F-16 ke Turki

Anton Suhartono · Rabu, 27 Oktober 2021 - 13:35:00 WIB
Surati Joe Biden, Anggota DPR AS Akan Jegal Penjualan Jet Tempur F-16 ke Turki
Anggota DPR AS akan gagalkan penjualan jet tempur F-16 ke Turki (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Anggota DPR Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat dan Republik kompak akan menggagalkan penjualan jet tempur F-16 ke Turki. Sebelumnya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pemerintah AS menawarkan penjualan F-16 sebagai pengganti program jet tempur siluman F-35 yang dibatalkan.

Dalam surat kepada Biden dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken tertanggal 25 Oktober, 11 anggota DPR AS mengungkapkan keprihatinan mendalam tentang laporan baru-baru ini bahwa Turki bisa membeli 40 unit F-16 terbaru serta 80 kit modernisasi F-16.

“Menyusul pengumuman Presiden (Tayyip) Erdogan pada September bahwa Turki akan membeli tambahan sistem pertahanan rudal S-400 Rusia, kami tidak bisa mengompromikan keamanan nasional dengan mengirimkan pesawat buatan AS kepada sekutu yang terus berperilaku seperti musuh," demikian isi surat, seperti dilaporkan Reuters, Rabu (27/10/2021).

"Meskipun kami yakin Kongres akan kompak untuk memblokir ekspor seperti itu jika rencana ini berkembang, Amerika Serikat tidak bisa mengirim peralatan militer canggih apa pun kepada pemerintah Turki saat ini."

Gedung Putih belum menanggapi permintaan komentar soal surat tersebut. Sementara itu seorang juru bicara Deplu AS menegaskan institusinya tidak bisa mengomentari surat dari DPR.

Pada awal bulan ini Turki mengajukan permintaan ke Amerika Serikat untuk membeli 40 jet tempur F-16 buatan Lockheed Martin dan hampir 80 kit modernisasi untuk pesawat tempur sudah ada.

Sebelumnya Turki memesan lebih dari 100 unit F-35, namun AS membatalkannya pada 2019 setelah Turki membeli rudal sistem pertahanan S-400 dari Rusia.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: