Taiwan Resmi Punya Kapal Serbu Amfibi Pertama Buatan Sendiri, Begini Kemampuannya

Ahmad Islamy Jamil · Jumat, 30 September 2022 - 18:09:00 WIB
Taiwan Resmi Punya Kapal Serbu Amfibi Pertama Buatan Sendiri, Begini Kemampuannya
Presiden Taiwan, Tsai Ing Wen, mengikuti sesi foto bersama dengan para personel Angkatan Laut Taiwan, seusai meresmikan kapal serbu amfibi pertama buatan sendiri di negara itu, Jumat (30/9/2022). (Foto: Reuters)

TAIPEI, iNews.id Kapal serbu amfibi pertama Taiwan, Yu Shan, resmi beroperasi untuk Angkatan Laut negara pulau itu. Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Taiwan, Tsai Ing Wen, Jumat (30/9/2022).

“Hari ini adalah hari yang penting bagi Taiwan dan angkatan bersenjata pulau ini, setelah bertahun-tahun kerja keras,” ungkap Tsai saat peresmian kapal Yu Shan, seperti dikutip Kementerian Pertahanan Taiwan, hari ini.

Menurut dia, kapal itu adalah kapal serbu amfibi pertama yang dikembangkan dan dibangun secara mandiri oleh Taiwan. Kapal dok pendaratan itu memiliki bobot 10.000 ton. 

Tsai mengatakan, Yu Shan dapat melaksanakan sejumlah tugas seperti penyediaan dan pengangkutan personel ke pulau-pulau terpencil. Kapal itu juga dapat digunakan untuk menyalurkan bantuan, termasuk bantuan medis, ketika terjadi bencana alam. 

“Di masa perang, Yu Shan dapat digunakan sebagai kapal pengangkut siap tempur,” ujar Tsai.

Pembangunan kapal Yu Shan menjadi bagian dari program militer Taiwan untuk meningkatkan produksi pertahanan mereka sendiri. Taiwan menghabiskan sekitar 163 juta dolar AS untuk pembuatannya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda