Tak Ingin Permalukan Pangeran Harry, Ratu Elizabeth II Larang Seragam Militer di Pemakaman Pangeran Philip

Djairan ยท Jumat, 16 April 2021 - 07:28:00 WIB
Tak Ingin Permalukan Pangeran Harry, Ratu Elizabeth II Larang Seragam Militer di Pemakaman Pangeran Philip
Ratu Elizabeth II melarang penggunaan seragam militer di pemakaman Pangeran Philip. (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Para bangsawan senior keluarga kerajaan Inggris tidak akan mengenakan seragam militer dalam upacara pemakaman Pangeran Philip pada Sabtu (17/4/2021). Tradisi sakral itu dihilangkan atas perintah Ratu Elizabeth II, dengan tujuan agar tidak mempermalukan Pangeran Harry yang sudah kehilangan semua perlindungan militernya.

"Semua aturan dalam prosesi resmi ini telah ditandatangani oleh Yang Mulia (Ratu Elizabeth II), hanya itu yang bisa kami sampaikan," kata juru bicara Istana Buckingham, dikutip dari Reuters, Jumat (16/4/2021).

Ratu Elizabeth II disebut telah memerintahkan semua bangsawan senior untuk mengenakan pakaian sipil atau mantel dilengkapi dengan medali serta dasi hitam untuk pria serta gaun berkabung untuk perempuan. Selaras dengan Pangeran Harry yang hanya diperbolehkan mengenakan pakaian sipil.

Seperti diketahui, Harry telah kehilangan semua fasilitas perlindungan militernya setelah gelar kehormatan militernya dikembalikan kepada Ratu sejak resmi berpisah dengan keluarga kerajaan. Kendati demikian, Harry sangat ingin mengenakan seragam militer yang dia kenakan di hari pernikahannya, namun hal itu tidaklah mungkin.

Langkah Ratu Elizabeth II melarang anggota keluarga kerajaan mengenakan seragam militer juga menjawab pertanyaan Pangeran Andrew beberapa hari lalu. Putra keduanya itu sempat bertanya tentang seragam mana yang berhak dia pakai. Dia juga sudah mengundurkan diri dari tugas publik kerajaan.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2