Pangeran Philip Meninggal, Pangeran Harry: Terima Kasih atas Pengabdianmu

Anton Suhartono ยท Selasa, 13 April 2021 - 01:18:00 WIB
Pangeran Philip Meninggal, Pangeran Harry: Terima Kasih atas Pengabdianmu
Pangeran Harry (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Pangeran Harry, tanpa didampingi istrinya Meghan Markle, tiba di Inggris Sabtu pekan lalu untuk menghadiri pemakaman Pangeran Philip yang meninggal di usia 99 tahun pada Jumat lalu.

Harry memuji sang kakek atas pengabdiannya terhadap Ratu Elizabeth II serta menggambarkannya sebagai sosok tuan rumah yang bisa memikat tamunya dengan ucapan tidak terduga.

"Kakek, terima kasih atas pengabdianmu. Dedikasimu untuk Nenek, serta untuk selalu menjadi diri sendiri," kata Harry, dalam pernyataan, dikutip dari Reuters, Senin (12/4/2021).

Lebih lanjut Harry menyebut sosok Duke of Edinburgh sebagai orang apa adanya serta memiliki kecerdasan yang tajam. Philip juga disebut bisa menarik perhatian siapa pun karena pesonanya.

Harry, yang pewaris takhta keenam Kerajaan Inggris, melakukan karantina sesuai protokol kesehatan sehingga dia bisa mengikuti pemakaman Philip di Kastil Windsor pada 17 April mendatang.

Dia dan Meghan meninggalkan Inggris untuk menjalani kehidupan baru di California, Amerika Serikat, setelah mengalami perselisihan dengan keluarga kerajaan.

Selera humor yang tinggi serta dedikasi atas tugas membuat Pangeran Philip dikenang luas masyarakat Inggris, meskipun tidak diakui sabagai raja.

Namun, karena sifat apa adanya itulah dia justru pernah dikritik, salah satunya saat memberikan pernyataan, beberapa di antaranya bernada rasis.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2