Tak Mau Kecolongan, Ukraina Selidiki Gereja Ortodoks yang terkait dengan Rusia

Umaya Khusniah ยท Jumat, 02 Desember 2022 - 10:18:00 WIB
Tak Mau Kecolongan, Ukraina Selidiki Gereja Ortodoks yang terkait dengan Rusia
Pejabat tinggi keamanan Ukraina memerintahkan penyelidikan atas kegiatan cabang Gereja Ortodoks yang secara historis terkait dengan Moskow. (Foto: Reuters)

KIEV, iNews.id - Pejabat tinggi keamanan Ukraina memerintahkan penyelidikan atas kegiatan cabang Gereja Ortodoks yang secara historis terkait dengan Moskow. Penyelidikan ini akan menentukan gereja cabang Moskow berhak untuk beroperasi di salah satu situs paling suci di Ukraina yakni kompleks Pechersk Lavra di Kiev.

"Kita harus menciptakan kondisi sehingga tidak ada aktor yang terkait pada negara agresor (Rusia) yang dapat memanipulasi  dan melemahkan Ukraina dari dalam," kata Zelensky dalam sebuah pidato video, pada Kamis (1/12/2022).

Zelensky mengatakan, pemerintah akan mengajukan RUU ke parlemen yang melarang kelompok agama berafiliasi dengan pusat pengaruh di Rusia. Tindakan akan diambil untuk mencegah aktivitas subversif dari dinas khusus Rusia di lingkungan keagamaan Ukraina. 

"Selain itu, kepemilikan properti gereja akan diperiksa, termasuk penggunaan kompleks Pechersk Lavra," katanya.

Dinas keamanan SBU pekan lalu mengatakan telah menggeledah 350 bangunan milik Gereja yang terkait dengan Rusia. Sebanyak 850 orang telah diperiksa.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda