Taliban Makin di Atas Angin, Rebut 4 Ibu Kota Provinsi Hanya dalam Sepekan

Ahmad Islamy Jamil · Senin, 09 Agustus 2021 - 08:38:00 WIB
Taliban Makin di Atas Angin, Rebut 4 Ibu Kota Provinsi Hanya dalam Sepekan
Para milisi bersenjata Taliban di Afghanistan sedang berjalan beriringan. (Foto: Reuters)

KABUL, iNews.idTaliban makin menunjukkan taringnya sejak pasukan militer internasional meninggalkan Afghanistan. Dalam sepekan, kelompok pemberontak itu berhasil menguasai empat kota di negara tersebut.

Associated Press melansir, pasukan Taliban menyerbu Taleqan, ibu kota Provinsi Takhar yang terletak di bagian utara Afghanistan, Minggu (8/8/2021). Daerah itu jatuh ke tangan pemberontak setelah pengepungan selama berbulan-bulan, kata dua anggota parlemen provinsi setempat.

Takhar memiliki arti penting bagi kelompok pejuang aliansi utara yang anti-Taliban. Aliansi itu pertama kali bergabung dengan koalisi militer pimpinan Amerika Serikat untuk menggulingkan Taliban pada 2001.

Selain Takhar, Taliban juga merebut sebagian besar Kota Kunduz, ibu kota Provinsi Kunduz di Afghanistan Utara pada Minggu kemarin.

Dua anggota Dewan Provinsi Kunduz mengatakan, Taliban menguasai kantor gubernur dan markas polisi setempat setelah terlibat baku tembak selama seharian. Kelompok itu juga menduduki gedung penjara utama. Di sana, mereka membebaskan 500 narapidana termasuk para pejuang Taliban.

Kejatuhan Kota Kunduz bakal menjadi keuntungan yang signifikan bagi Taliban. Pasalnya, itu adalah salah satu kota besar di Afghanistan, dengan populasi mencapai lebih dari 340.000 jiwa.

Anggota Dewan Kunduz, Ghulam Rabani Rabani mengatakan, pertempuran masih terus berlanjut di bandar udara dan beberapa bagian lain di kota itu. Kunduz adalah persimpangan strategis dengan akses yang baik ke sebagian besar wilayah Afghanistan Utara serta ibu kota negara, Kabul—yang berjarak sekitar 335 kilometer jauhnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda