Taliban Umumkan Gencatan Senjata terkait Idul Fitri, Rakyat Aghanistan Bersuka Ria

Anton Suhartono ยท Minggu, 24 Mei 2020 - 05:20 WIB
Taliban Umumkan Gencatan Senjata terkait Idul Fitri, Rakyat Aghanistan Bersuka Ria

Taliban umumkan gencatan senjata 3 hari terkait Idul Fitri yang disambut suka ria rakyat dan pasukan pemerintah (Foto: AFP)

KABUL , iNews.id - Kelompok militan Taliban mengumumkan gencatan senjata 3 hari terkait perayaan Idul Fitri, angin segar bagi warga Afghanistan untuk melewatkan Lebaran tanpa dibayangi teror bom dan serangan.

Gencatan senjata dengan pasukan pemerintah Afghanistan ini dimulai Minggu (24/5/2020).

"Kepemimpinan menginstruksikan semua mujahidin Imarah Islam untuk mengambil langkah-langkah khusus untuk keamanan bagi warga, dan tidak melakukan operasi terhadap musuh di mana pun," kata juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, dalam pernyataan di media sosial, dikutip dari AFP.

Taliban juga menginstruksikan para pejuangnya untuk tidak memasuki wilayah pemerintah. Demikian sebaliknya, pasukan pemerintah tidak diizinkan memasuki wilayah kendali mereka.

Sejak invasi Amerika Serikat pada 2001, hanya ada satu gencatan senjata Idul Fitri yang dilakukan Taiban dengan pasukan pemerintah yakni berlangsung 3 hari saat perayaan Idul Fitri pada 2018.

Sementara itu rakyat Afghanistan merespons pengumuman tersebut dengan penuh kegembiraan. Para pejuang Taliban, pasukan keamanan, dan warga sipil berpelukan, berbagi es krim dan berfoto selfie, pemandangan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Presiden Ashraf Ghani menyambut baik pengumuman Taliban itu dan meminta pasukannya untuk memtuhi seruan mereka.

“Sebagai komandan tertinggi ANDSF (Pasukan Keamanan Pertahanan Nasional Afghanistan), saya meminta semua pasukan untuk mengikuti 3 hari gencatan senjata dan hanya bertahan jika diserang,” kata dia, dalam cuitan.

Editor : Anton Suhartono