Tegang, Angkatan Laut AS Gagalkan Upaya Iran Merebut Drone Laut di Teluk Persia

Anton Suhartono ยท Rabu, 31 Agustus 2022 - 17:28:00 WIB
Tegang, Angkatan Laut AS Gagalkan Upaya Iran Merebut Drone Laut di Teluk Persia
Angkatan Laut AS menggagalkan upaya Iran mengambil drone laut Saildrone Explorer (Foto: US Navy)

WASHINGTON, iNews.id - Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat menggagalkan upaya kapal perang Iran untuk mengambil drone laut AS yang beroperasi di Teluk Persia. Militer AS mengerahkan kapal patroli dan helikopter untuk menggagalkan upaya itu.

Armada Ke-5 AL AS, dalam pernyataan pada Selasa kemarin, mengungkap kapal pendukung Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC), Shahid Baziar, terlihat menarik drone permukaan Saildrone Explorer milik AS untuk menahannya di perairan internasional. Peristiwa itu terjadi pada 29 Agustus.

Rekaman video menunjukkan kapal Baziar menderek drone di belakang untuk dibawa ke pangkalan.

Namun kapal patroli patroli AS, USS Thunderbolt, juga berada di perairan itu saat kejadian dan segera memberikan respons. AL AS juga mengerahkan helikopter MH-60S Sea Hawk. 

Setelah mengetahui keberadaan militer perang AS, kapal IRGC memutus tali derek dan meninggalkan perairan itu setelah ketegangan yang berlangsung sekitar 4 jam.

“Tindakan (Angkatan Laut IRGC) mencolok, tidak beralasan, dan tidak sesuai dengan perilaku kekuatan laut yang profesional,” kata pemimpin Aramada Ke-5 AL AS, Brad Cooper.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:


Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda