Tembakkan 4 Rudal dalam 2 Hari, Begini Penjelasan Korea Utara

Anton Suhartono ยท Jumat, 28 Januari 2022 - 05:58:00 WIB
Tembakkan 4 Rudal dalam 2 Hari, Begini Penjelasan Korea Utara
Korea Utara mengonfirmasi uji coba rudal jelajah jarak jauh pada Selasa (25/1) dan rudal balistik jarak pendek pada Kamis (27/1) (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.id - Korea Utara mengonfirmasi uji coba rudal pada Selasa dan Kamis lalu. Peluru yang ditembakkan pada Selasa merupakan rudal jelajah jarak jauh yang sudah ditingkatkan kemampuannya. Dua hari setelahnya, Korut juga menjajal hulu ledak rudal darat ke darat. 

Kantor berita KCNA, Jumat (28/1/2022), melaporkan, uji coba tersebut berlangsung di saat bersamaan dengan kunjungan pemimpin Korut Kim Jong Un ke pabrik amunisi yang memproduksi sistem persenjataan utama.

Disebutkan, uji coba terbaru pada Kamis tersebut bertujuan untuk memastikan kekuatan hulu ledak konvensional pada rudal taktis permukaan ke permukaan.

Kim juga memuji pabrik yang dikunjunginya karena mampu mencapai kemajuan dalam memproduksi persenjataan utama serta memegang peran sangat penting dalam memodernisasi angkatan bersenjata. Dia menilai pabrik amunisi itu telah mampu mewujudkan strategi pengembangan pertahanan nasional.

Laporan itu muncul sehari setelah Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) mendeteksi peluncuran dua rudal balistik jarak pendek. Sebelumnya pada Selasa, JCS juga melaporkan Korut menembakkan dua rudal jelajah ke laut lepas pantai timur.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: