Korut Lagi-Lagi Tembakkan 2 Proyektil Diduga Rudal Balistik ke Laut Jepang

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 27 Januari 2022 - 08:28:00 WIB
Korut Lagi-Lagi Tembakkan 2 Proyektil Diduga Rudal Balistik ke Laut Jepang
Uji coba rudal yang diluncurkan dari kereta api oleh Korea Utara. (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.idKorea Utara kembali menembakkan dua proyektil seperti rudal balistik ke Laut Jepang yang terletak di lepas pantai timur negara itu. Kabar itu diungkapkan oleh militer Korea Selatan, Kamis (27/1/2022).

Jika proyektil itu terkonfirmasi sebagai rudal, ini akan menjadi uji coba keenam kali yang dilakukan Korut terhadap senjata serupa sepanjang bulan ini.

Reuters melansir, Gabungan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Korea Selatan menyatakan bahwa mereka telah mendeteksi peluncuran yang diduga sebagai dua rudal balistik itu sekitar pukul 08.00 pagi waktu setempat. Senjata itu dilepaskan dari sekitar Hamhung, di pantai timur Korea Utara.

Proyektil diduga rudal itu tampaknya telah mendarat di luar Zona Ekonomi Eksklusif Jepang, demikian kantor berita Kyodo melaporkan, mengutip sumber pemerintah negeri sakura.

Sebelumnya, Korea Utara menyatakan bakal memperkuat pertahanannya terhadap Amerika Serikat dan mempertimbangkan untuk “melanjutkan semua kegiatan yang ditangguhkan sementara”. Maksud dari kalimat itu jelas merujuk pada moratorium uji coba senjata nuklir dan rudal jarak jauh yang diberlakukan sendiri oleh Pyongyang.

Pada Selasa (25/1/2022), Korut menembakkan dua rudal jelajah ke laut di lepas pantai timurnya. Awal bulan ini, Pyongyang juga menguji coba rudal taktis; dua rudal hipersonik yang mampu kecepatan tinggi dan bermanuver setelah lepas landas, dan; sistem rudal yang dibawa kereta api.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: