Terbukti Curi Teknologi Baterai Perusahaan AS, Ilmuwan China Dihukum

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 13 November 2019 - 08:56 WIB
Terbukti Curi Teknologi Baterai Perusahaan AS, Ilmuwan China Dihukum

Ilustrasi bendera China dan AS.

WASHINGTON, iNews.id - Seorang ilmuwan China mengaku bersalah karena mencuri teknologi baterai generasi masa depan dari perusahaan perminyakan Amerika Serikat (AS) tempat dia bekerja. Hal itu disampaikan Departemen Kehakiman AS, Selasa (12/11/2019).

Hongjin Tan (35) warga negara Tiongkok yang merupakan penduduk tetap resmi AS, ditangkap pada Desember 2018 dan dituduh mencuri rahasia dagang.

Departemen Kehakiman AS menyatakan Tan mengaku bersalah di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Utara Oklahoma atas pencurian rahasia dagang, transmisi rahasia dagang yang tidak sah, dan kepemilikan rahasia dagang yang tidak sah.

Teknologi baterai generasi masa depan yang dicuri oleh Tan bernilai lebih dari 1 miliar dolar AS.

"Permohonan bersalah Tan terus mengisi gambaran pencurian China atas kekayaan intelektual Amerika," kata asisten jaksa agung untuk keamanan nasional, John Demers, seperti dilaporkan AFP, Rabu (13/11/2019).

Jaksa AS Trent Shores mengatakan, "Mata-mata industri seperti Hongjin Tan terlibat dalam spionase untuk mencuri rahasia dagang dan kekayaan intelektual Amerika."

"Agresi ekonomi China menjadi ancaman bagi industri teknologi tinggi Amerika yang baru muncul," ujar Shores.

Tan bekerja sebagai ilmuwan untuk perusahaan perminyakan AS sejak Juni 2017.

Departemen Kehakiman tidak menyebutkan nama perusahaan tempat Tan bekerja, tetapi halaman LinkedIn milik Hongjin Tan menyebut sang ilmuwan bekerja sebagai staf ilmuwan dengan tim teknologi di Phillips 66.

Dia sebelumnya bekerja sebagai asisten peneliti dan ilmuwan tamu di California Institute of Technology, tempatnya mendapatkan gelar doktor.

Menurut Departemen Kehakiman AS, hukuman akan dijatuhkan pada 12 Februari 2020. Namun departemen belum menyebut hukuman apa yang bakal dijatuhkan atas Tan.


Editor : Nathania Riris Michico