Terima Suap Rp248 Miliar, Mantan Menteri Kehakiman China Dipenjara Seumur Hidup

Anton Suhartono ยท Kamis, 22 September 2022 - 14:01:00 WIB
Terima Suap Rp248 Miliar, Mantan Menteri Kehakiman China Dipenjara Seumur Hidup
Fu Zhenghua (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.id - China menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada mantan Menteri Kehakiman Fu Zhenghua dengan penangguhan 2 tahun, demikian laporan media pemerintah China, Kamis (22/9/2022). Dia dijatuhi hukuman mati yang ditangguhkan. Artinya, setelah 2 tahun, hukuman Fu akan diubah menjadi penjara seumur hidup tanpa pembebasan bersyarat.

Fu sempat menjabat wakil kepala Kementerian Keamanan Publik sebelum menjadi Menteri Kehakiman pada 2018. Selama menjabat, dia memimpin banyak penyelidikan kasus korupsi serta menerapkan kebijakan ketat. Kasus paling terkenal yang ditanganinya adalah tuduhan suap melibatkan Zhou Yongkang, mantan pejabat keamanan paling kuat di China modern.

Pria 67 tahun itu awalnya diselidiki pada 2021 atas tuduhan pelanggaran serius, penyalahgunaan wewenang. Kemudian dia dijerat korupsi atau menerima suap untuk kepentingan pribadi.

Pada Juli lalu, dalam sidang di Pengadilan Rakyat Changchun, Provinsi Jilin, Fu mengaku menerima suap dengan total lebih dari 117 juta yuan atau sekitar Rp248 miliar (kurs saat ini). 

Otoritas antirasuah China, Komisi Pusat untuk Inspeksi Disiplin China, menyelidiki Fu sejak tahun lalu. Saat itu Fu dituduh melakukan pelanggaran serius terhadap disiplin dan hukum nasional.

Kemudian pada awal tahun ini Fu ditangkap atas tuduhan menerima suap dan melanggar hukum untuk kepentingan pribadi. Dia lalu mengaku berbuat salah dan menyatakan penyesalan.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda