Terlalu Berlebihan Siarkan Meninggalnya Pangeran Philip, Stasiun TV Inggris Dikritik

Anton Suhartono ยท Minggu, 11 April 2021 - 14:18:00 WIB
Terlalu Berlebihan Siarkan Meninggalnya Pangeran Philip, Stasiun TV Inggris Dikritik
Stasiun televisi BBC dikritik karena dianggap terlalu berlebihan tayangkan meninggalnya Pangeran Philip (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Lembaga penyiaran Inggris British Broadcasting Corporation (BBC) dikritik terkait penayangan siaran meninggalnya Pangeran Philip, baik telivisi maupun radio, yang dinilai berlebihan.

Sejak Pangeran Philip meninggal pada Jumat (9/4/2021), BBC menangguhkan siaran reguler dan melaporkan perkembangan berita, termasuk menayangkan ulang siaran mengenai Duke of Edinburgh.

BBC mengonfirmasi bahwa lembaga penyiarannya mendapat banyak kritikan mengenai liputan yang didedikasikan untuk mendiang. Disebutkan, pemirsa kesal karena acara reguler tak ditayangkan.

"Kami mendapat banyak keluhan mengenai terlalu banyaknya liputan televisi mengenai meninggalnya Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh," demikian pernyataan BBC, di situs web.

Beberapa pengguna Twitter mengkritik BBC karena bertindak seperti lembaga penyiaran bergaya Uni Soviet yang menyebarkan propaganda. Ada pula yang menyebut BBC tidak adil.

Media televisi Inggris mengeluarkan liputan Pangeran Philip sejak Jumat, tak hanya BBC, tapi juga ITV dan Channel 4.

Deadline melaporkan, ketiga stasiun itu kehilangan penonton setelah mengubah siaran reguler dengan peliputan seputar Pangeran Philip.

Pemberitaan surat kabar Inggris seperti Daily Mail dan The Sun juga didominasi seputar Philip.

Editor : Anton Suhartono