Terungkap! China Cari Muslim Uighur untuk Ditahan Berdasarkan Data Pribadi

Arif Budiwinarto ยท Rabu, 09 Desember 2020 - 15:32:00 WIB
Terungkap! China Cari Muslim Uighur untuk Ditahan Berdasarkan Data Pribadi
Foto pria muslim Uighur di kamp penahanan di Xinjiang, China. (foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Kelompok hak asasi manusia berbasis di Amerika Serikat, Human Rights Watch (HRW), mengungkap daftar yang berisi ribuan data pribadi muslim Uighur di China. Data-data tersebut dipakai oleh pemerintah China melacak kemudian mengirim muslim Uighur ke kamp penahanan. 

HRW memperoleh daftar 2.000 muslim Uighur dari prefektur Aksu Xinjiang yang telah ditandai oleh program prediktif kepolisian China. Ribuan data pribadi tersebut merupakan bagian dari Platform Operasi Bersama Terpadu (IJOP)--bertugas mengumpulkan data dan mengidentifikasi kandidat untuk ditahan. 

Dalam daftar yang telah disusun sejak 2018 tertulis nama muslim Uighur Xinjiang, nomor telepon, serta alasan penahanan di kamp-kamp milik China termasuk mempelajari Alquran, memakai pakaian relijius, atau bepergian keluar negeri. 

"Daftar Aksu adalah pertama kalinya kami melihat IJOP beraksi dalam menahan orang," kata Maya Wang dari HRW dikutip dari Reuters, Rabu (9/12/2020). 

China gunakan teknologi lacak muslim Uighur yang belum pernah ditahan di kamp

Pengungkapan ini memberikan wawasan lebih jauh tentang bagaimana penindasan brutal pemerintah China terhadap Muslim Uighur dengan menggunakan teknologi. 

Editor : Arif Budiwinarto

Halaman : 1 2