Terungkap, Tentara Asing Kerap Baku Tembak dengan Pasukan Ukraina karena Buruknya Koordinasi

Anton Suhartono · Selasa, 28 Juni 2022 - 21:48:00 WIB
Terungkap, Tentara Asing Kerap Baku Tembak dengan Pasukan Ukraina karena Buruknya Koordinasi
Tentara bayaran asing dilaporkan kerap terlibat baku tembak dengan sesama unit, bahkan militer Ukraina karena buruknya koordinasi (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Tentara bayaran asing yang bertempur melawan pasukan Rusia di Ukraina dilaporkan saling tembak rekan sendiri akibat buruknya koordinasi. Diketahui tentara asing dari banyak negara ikut bertempur untuk membela Ukraina melawan Rusia.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia dalam pengarahan harian, Selasa (28/6/2022), mencatat setidaknya dua kasus baku tembak sesama tentara asing maupun pasukan Ukraina terjadi disebabkan buruknya koordinasi.

Dalam satu kasus, tentara yang tiba di posisi Batalyon ke-97 dari Brigade Infanteri Ke-60 Angkatan Bersenjata Ukraina ditembaki teman sesama anggota unit yang seharusnya mereka ikuti. Insiden lain melibatkan personel Brigade Mekanik Ke-28. Satu tim pengintai dari unit itu diserang oleh tentara asing yang menewaskan empat orang dan melukai tiga lainnya.

Laporan Kemhan Rusia tersebut tidak menyebutkan kapan dan di mana insiden terjadi.

Insiden serupa juga diangkat majalah Rolling Stone, mengutip pernyataan para tentara asing, dalam edisi pekan lalu.

“Kami terlibat baku tembak selama 2 jam yang ternyata melawan pasukan khusus Ukraina. Sungguh luar biasa apa yang terjadi di sini,” kata Tristan Nettles, seorang tentara asing berbahasa Inggris yang ikut bertempur di Ukraina.

Dalam kasus lain, satu unit meledakkan satu jembatan dengan tujuan untuk memperlambat pergerakan pasukan Rusia. Namun ternyata pasukan teman masih berada di seberang.

"Tidak ada komunikasi antar-unit, ada tembakan sesama teman setiap waktu,” katanya.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda