Thailand Tangkap Taipan Myanmar terkait Junta Militer, Diduga Selundupkan Narkoba

Umaya Khusniah ยท Rabu, 21 September 2022 - 16:47:00 WIB
Thailand Tangkap Taipan Myanmar terkait Junta Militer, Diduga Selundupkan Narkoba
Pihak berwenang Thailand menahan seorang taipan Myanmar yang diduga menyelundupkan narkoba. Dia dikatakan terkait dengan eselon atas junta militer yang berkuasa di Myanmar.. (Foto: Ilustrasi/Ist)

BANGKOK, iNews.id - Pihak berwenang Thailand menahan seorang taipan Myanmar yang diduga menyelundupkan narkoba. Dia dikatakan terkait dengan eselon atas junta militer yang berkuasa di Myanmar.

Tun Min Latt (53) ditangkap di ibu kota Thailand, Bangkok dalam serangan fajar pekan lalu. Dia ditangkap bersama dengan tiga warga Thailand atas tuduhan konspirasi perdagangan narkotika dan pencucian uang. 

"Polisi sedang dalam proses meminta pengadilan untuk penahanan pra-persidangan," kata kata wakil juru bicara polisi Thailand, Kissana Phathanacharoen kepada Reuters melalui telepon, Rabu (21/9/2022).

Dalam sebuah pernyataan, Kissana kemudian mengatakan, unit anti-narkoba polisi telah meminta pengadilan untuk memperpanjang penahanan tersangka untuk mengumpulkan lebih banyak bukti dan menyelidiki jaringan. Dia mengatakan polisi juga menyita aset senilai lebih dari 5,4 juta dolar AS dari empat tersangka.

Tiga sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan, Tun Min Latt memiliki bisnis perhotelan, energi dan pertambangan. Dia merupakan rekan dekat pemimpin junta Myanmar, Min Aung Hlaing.

Militer Myanmar merebut kekuasaan dari pemerintah yang dipilih secara demokratis yang dipimpin oleh Aung San Suu Kyi pada Februari 2021. Sejak itu militer berusaha mengonsolidasikan kekuasaan melalui tindakan keras mematikan terhadap oposisi.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda