Tim Investigasi WHO di Wuhan Sebut Covid Bisa Menular Lewat Rantai Dingin, Apa Itu?

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 09 Februari 2021 - 19:36:00 WIB
Tim Investigasi WHO di Wuhan Sebut Covid Bisa Menular Lewat Rantai Dingin, Apa Itu?
Konferensi pers tim investigasi WHO yang menyelidiki asal-usul Covid-19 di Wuhan China, Selasa (9/2/2021). (Foto: Reuters)

WUHAN, iNews.id – Tim ahli internasional dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki asal-usul Covid di Wuhan, China, menyatakan penularan virus lewat sistem “rantai dingin” bisa saja terjadi. Karenanya, kata mereka, dibutuhkan penyelidikan lebih lanjut untuk menguak misteri terkait awal mula munculnya wabah di kota itu.

Istilah “rantai dingin” mengacu pada rantai pasok pengangkutan dan perdagangan makanan beku. China sejak beberapa bulan lalu telah mengemukakan gagasan bahwa virus corona baru atau Covid-19 dapat ditularkan melalui makanan beku. Negara komunis itu juga berulang kali mengumumkan temuan jejak virus corona pada kemasan makanan impor.

Namun, ketua tim investigasi WHO di Wuhan, Peter Ben Embarek, juga mengatakan bahwa penyelidikan yang berlangsung hampir sebulan lamanya di kota itu tidak secara dramatis mengubah gambaran tentang wabah tersebut.

“Kami tahu virus (Covid) ini dapat bertahan dalam kondisi yang ditemukan di lingkungan yang dingin dan beku ini. Tetapi kami tidak benar-benar mengerti bagaimana virus ini dapat menular ke manusia  atau dalam kondisi apa,” kata Ben Embarek, dalam konferensi pers di Wuhan, Sealsa (9/2/2021), dikutip Reuters.

Dia menuturkan, para peneliti masih harus mengeksplorasi apakah hewan liar yang dibekukan di pasar dengan kondisi yang tepat, dapat secara kondusif menyebarkan virus yang cepat.

Hasil penyelidikan timnya di Wuhan sejauh ini menunjukkan, upaya untuk mengidentifikasi asal-usul virus corona mengarah ke reservoir alami kelelawar. Akan tetapi, sumber pertama virus itu tidak mungkin berada di Wuhan—kota tempat wabah Covid-19 pertama kali diidentifikasi pada akhir 2019.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2