Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Arab Saudi Kini Capai 87,4 Persen

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 10 Agustus 2020 - 21:13 WIB
Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Arab Saudi Kini Capai 87,4 Persen

Petugas di Arab Saudi memeriksa suhu warga sebagai bagian dari protokol Covid-19 (ilustrasi). (Foto: AFP)

RIYADH, iNews.idArab Saudi pada hari ini mendeteksi 1.257 kasus baru virus corona. Dengan begitu, total kejadian infeksi Covid-19 yang dikonfirmasi di kerajaan ini kini menjadi 289.947 kasus.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Arab Saudi melaporkan, dari seluruh kasus baru yang dikonfirmasi itu, 88 di antaranya ditemukan di Ibu Kota Riyadh, 65 di Dammam, dan 52 di Jeddah. Kasus-kasus baru sisanya terdeteksi di kota-kota dan provinsi lain di seluruh kerajaan, Alarabiyah melaporkan.

Kemenkes Saudi juga melaporkan, ada 32 orang yang meninggal dunia akibat wabah asal China tersebut dalam 24 jam terakhir. Dengan demikian, jumlah kematian terkait Covid-19 di Arab Saudi per hari ini menjadi 3.199 jiwa.

Sementara, pasien yang telah sembuh dari penyakit Covid-19 di Arab Saudi sejauh ini sebanyak 253.478 orang atau sekitar 87,4 persen dari total kasus infeksi. Jumlah itu diperoleh setelah 1.439 orang dinyatakan pulih dari infeksi tersebut dalam 24 jam terakhir.

Juru Bicara Kemenkes Arab Saudi, Muhammad al-Abdul Ali mengatakan, lonjakan kasus Covid-19 belakangan ini kebanyakan disebabkan oleh gagalnya sebagian masyarakat mematuhi langkah-langkah jarak sosial (social distancing) saat menghadiri pertemuan besar.

Akan tetapi, kata dia, tidak ada titik panas (hotspot) virus secara khusus di Arab Saudi karena lebih banyak masyarakat negeri padang pasir itu yang mengikuti protokol kesehatan.

Editor : Ahmad Islamy Jamil