Trump Temukan Bukti Virus Corona Berasal dari Lab Wuhan, Siapkan Sanksi untuk China

Anton Suhartono ยท Jumat, 01 Mei 2020 - 09:04 WIB
Trump Temukan Bukti Virus Corona Berasal dari Lab Wuhan, Siapkan Sanksi untuk China

Donald Trump (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat Donald Trump sudah menemukan bukti bahwa virus corona ada kaitan dengan laboratorium di Wuhan, China.

Untuk itu, pemerintahannya menyiapkan sanksi berupa pemberlakuan tarif baru untuk barang yang masuk dari China.

Saat ditanya wartawan apakah sudah melihat bukti yang membuatnya berkeyakinan tinggi bahwa Institut Virologi Wuhan merupakan sumber wabah, Trump menjawab, "Iya, sudah."

Namun saat diminta penjelasan lebih terperinci, dia belum bisa menyampaikannya saat ini.

“Saya tidak bisa memberi tahu Anda tentang itu,” ujarnya, seperti dikutip dari AFP, Jumat (1/5/2020).

Trump melanjutkan China layak diberi sanksi atas kondisi ini. Pemberlakuan tarif baru merupakan yang terbayang di benaknya.

Wartawan pun kembali bertanya mengenai kemungkinan bentuk lain dari pertanggung jawaban China, seperti mengabaikan kewajiban utang AS ke negara itu.

“Saya bisa melakukan hal yang sama, bahkan untuk (mendapatkan) lebih banyak uang, tapi hanya mengenakan tarif," katanya.

Pernyataan Trump ini disampaikan saat pengangguran di AS akibat dampak wabah virus corona sudah menembus 30 juta orang dalam waktu 6 pekan.

Berdasarkan data Worldometers, hingga Jumat pagi WIB kasus virus corona di AS mencapai 1.095.023, sebanyak 63.856 di antaranya meninggal.

Virus corona pertama kaki terdeteksi di Wuhan. Konsensus ilmiah menyebutkan virus ini berasal dari pasar seafood dan hewan liar, namun dalam perkembangannya meluas dengan mengaitkan lab di kota itu.

Editor : Anton Suhartono