Tujuh Pemimpin ASEAN dan Jenderal Min Aung Hlaing Siap Hadiri KTT di Jakarta Bahas Krisis Myanmar

Djairan ยท Kamis, 22 April 2021 - 19:33:00 WIB
Tujuh Pemimpin ASEAN dan Jenderal Min Aung Hlaing Siap Hadiri KTT di Jakarta Bahas Krisis Myanmar
Tujuh pemimpin negara ASEAN dan pimpinan junta Myanmar, Min Aung Hlaing akan menghadiri pertemuan tingkat tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta pada Sabtu (24/4/2021). (Foto: The Straits Times)

JAKARTA, iNews.id - Tujuh pemimpin negara Asia Tenggara dan pimpinan junta Myanmar, Min Aung Hlaing akan menghadiri pertemuan tingkat tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta pada Sabtu (24/4/2021). KTT ASEAN itu akan membahas krisis Myanmar.

Tujuh tokoh tersebut yakni pemimpin negara anggota ASEAN meliputi Indonesia selaku tuan rumah, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Singapura, dan Vietnam. 

Sementara Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan O Cha dan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte dipastikan tidak akan hadir namun diwakili menteri luar negeri masing-masing. KTT ASEAN akan membahas krisis dan ketegangan yang terjadi di Myanmar akibat kudeta pemerintahan sipil oleh militer.

KTT itu sendiri dinilai bisa menjadi upaya internasional pertama untuk meredakan krisis di Myanmar. Hingga kini tercatat ratusan pengunjuk rasa pro-demokrasi tewas dibunuh aparat keamanan sejak kudeta 1 Februari 2021.

Selain itu, KTT ASEAN kali ini juga menjadi pembuktian bagi semua negara anggota untuk memiliki komitmen tidak mencampuri urusan internal negara anggota dan bekerja sama berdasarkan konsensus.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2