UEA Normalisasi Hubungan dengan Israel, Palestina Mundur dari Dubai Expo 2020

Arif Budiwinarto ยท Selasa, 18 Agustus 2020 - 13:25:00 WIB
UEA Normalisasi Hubungan dengan Israel, Palestina Mundur dari Dubai Expo 2020
Sejumlah orang mengibarkan bendara Palestina menyerukan aksi penolakan pencaplokan wilayah Tepi Barat. (foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Palestina mengambil sikap tegas menyusul langkah Uni Emirat Arab (UEA) menormalisasi hubugan dengan Israel. Palestina memutuskan menarik diri dari gelaran Dubai Expo 2020.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Perdana Menteri Palestina, Mohammad Shtayyeh melalui kicauan di akun Twitter. Penarikan diri dari Dubai Expo sebagai bentuk penolakan terhadap UEA yang baru saja memperbaiki hubungan diplomatik dengan negara Yahudi.

"Sebagai protes terhadap keputusan UEA menormalisasi hubungan dengan Israel, kabinet memutuskan membatalkan partisipasi Palestina dalam #DubaiExpo2020 yang rencananya dibuka pada Oktober 2021," demikian tweet @PalestinePMO.

Dubai Expo 2020 merupakan ajang pameran terbesar di dunia yang akan berlangsung di Dubai, ibu kota Uni Emirat Arab pada 1 Oktober 2021 sampai 31 Maret 2022. Pameran yang harusnya berlangsung tahun ini harus diundur ke tahun depan disebabkan pandemi Covid-19, namun demikian panitia penyelenggara tetap menggunakan nama Dubai Expo 2020.

Meskipun normalisasi hubungan diharapkan dapat menghentikan pencaplokan wilayah Tepi Barat oleh Israel, langkah negara teluk itu menuai reaksi keras dari negara teluk lainnya seperti Iran.

Presiden Iran, Hassan Rouhani, dalam pidatonya mengecam langkah UEA sebagai bentuk pengkhianatan pada warga Palestina. Sedangkan Turki menyebut apa yang dilakukan oleh UEA sebagai tindakan bodoh dan sulit dimaafkan oleh sejarah.

Editor : Arif Budiwinarto