Ukraina Hancur Diserang Tentara Moskow, Miliarder Rusia Harus Ganti Rugi

Umaya Khusniah ยท Selasa, 05 Juli 2022 - 10:15:00 WIB
Ukraina Hancur Diserang Tentara Moskow, Miliarder Rusia Harus Ganti Rugi
Miliarder Rusia harus bertanggung jawab membangun kembali Ukraina yang hancur akibat invasi. (Foto: Reuters)

KIEV, iNews.id - Perdana Menteri Ukraina, Denys Shmygal mengatakan miliarder Rusia harus bertanggung jawab membangun kembali Ukraina yang hancur akibat invasi. Biaya yang dibutuhkan untuk membangun kembali Ukraina mencapai 750 miliar dolar AS. 

"Kami percaya sumber utama pemulihan adalah aset yang disita dari Rusia dan oligarkinya," katanya dalam konferensi di Kota Lugano, Swiss, Senin (4/7/2022). 

Dia memperkirakan, aset Rusia yang dibekukan bernilai 300-500 miliar dolar AS.

"Pihak berwenang Rusia melancarkan perang berdarah ini. Mereka menyebabkan kehancuran besar-besaran ini dan mereka harus bertanggung jawab atas itu," katanya. 

Rusia mengatakan "operasi militer khusus" di Ukraina dimaksudkan untuk mendemiliterisasi tetangga selatannya. Sebaliknya, Ukraina dan sekutu Baratnya mengatakan, alasan itu tak berdasar untuk agresi mencolok yang bertujuan merebut wilayah.

Pandangan Shmygal pada hari Senin juga digaungkan oleh Menteri Luar Negeri Inggris, Liz Truss. Dia mengatakan, Rusia harus bertanggung jawab atas kerusakan yang disebabkan oleh perang yang mengerikan. Sementara Kiev juga membutuhkan bantuan untuk membangun kembali ekonominya yang hancur.

"Kami sedang mencari opsi untuk penyebaran aset Rusia," kata Truss kepada Reuters di sela-sela konferensi.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda