Ukraina: Rusia Akan Membayar Kelaparan yang Diderita Rakyat pada Era Uni Soviet

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 26 November 2022 - 17:20:00 WIB
Ukraina: Rusia Akan Membayar Kelaparan yang Diderita Rakyat pada Era Uni Soviet
Sebuah poster yang menampilkan diktator era Uni Soviet, Joseph Stalin, dipajang pada peringatan Hari Buruh di Kota Volgograd, Rusia, beberapa tahun lalu. (Foto: Reuters)

KIEV, iNews.id – Pemerintah Ukraina menilai Rusia akan membayar kelaparan era Uni Soviet yang menyebabkan jutaan orang Ukraina tewas selama musim dingin 1932-1933. Selain itu, Moskow juga bertanggung jawab dan atas perang yang saat ini dikobarkan di Ukraina. 

“Rusia akan membayar semua korban Holodomor dan bertanggung jawab atas kejahatan hari ini,” ungkap Kepala Administrasi Kepresidenan Ukraina, Andriy Yermak di Telegram, Sabtu (26/11/2022).

Holodomor adalah istilah dalam bahasa Ukraina yang berarti “Kelaparan Hebat”. Istilah itu merujuk kepada peristiwa bencana kelaparan yang dialami rakyat Ukraina, 90 tahun silam. Tahun ini, hari peringatan untuk para korban Holodomor di Ukraina berlangsung pada hari Sabtu ini.

Pada November 1932, pemimpin Soviet Joseph Stalin mengirim polisi untuk menyita semua bahan pangan dan ternak rakyat Ukraina yang baru dipanen, termasuk benih yang dibutuhkan untuk menanam lahan pertanian untuk masa tanaman berikutnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda