Uni Eropa Klaim Tampung 8,1 Juta Pengungsi Ukraina dalam 7 Bulan

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 23 September 2022 - 08:11:00 WIB
Uni Eropa Klaim Tampung 8,1 Juta Pengungsi Ukraina dalam 7 Bulan
Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen. (Foto: Reuters)

PRINCETON, iNews.idUni Eropa (UE) telah menerima lebih dari 8,1 juta pengungsi Ukraina dalam tujuh bulan sejak Rusia melancarkan operasi militer di negeri tetangganya itu. Hal tersebut diungkapkan Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, Kamis (22/9/2022).

“Sejak hari pertama, Amerika Serikat, Uni Eropa, dan banyak rekan lainnya telah mendukung pihak Ukraina dengan persenjataan, dengan dana, dan dengan keramahan di pihak Uni Eropa untuk (menampung) lebih 8,1 juta pengungsi dalam tujuh bulan,” kata von der Leyen dalam pidatonya di Universitas Princeton, AS.

Rusia meluncurkan operasi militer khusus di Ukraina pada 24 Februari, setelah Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk (DPR dan LPR) meminta bantuan untuk membela diri dari provokasi pasukan Kiev. DPR dan LPR adalah dua wilayah yang memisahkan diri dari Ukraina.

Barat dan sekutunya lantas memberlakukan sanksi komprehensif terhadap Moskow. Uni Eropa berjanji untuk mengakhiri ketergantungannya pada pasokan energi Rusia. Blok tersebut telah menyetujui tujuh paket sanksi terhadap Moskow, termasuk penghentian bertahap impor minyak Rusia. 

Krisis Ukraina dan sanksi terhadap Rusia telah menyebabkan gangguan rantai pasokan dan lonjakan harga energi di seluruh dunia. Belum lagi masuknya arus besar pengungsi yang melarikan diri ke Eropa dari Ukraina demi menghindari terseret ke dalam konflik.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda