United Airlines dan 2 Maskapai Jepang Kandangkan Boeing 777 Usai Insiden Mesin Meledak

Djairan ยท Senin, 22 Februari 2021 - 11:14:00 WIB
United Airlines dan 2 Maskapai Jepang Kandangkan Boeing 777 Usai Insiden Mesin Meledak
Maskapai United Airlines menghentikan sementara penerbangan Boeing 777. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.id – Maskapai United Airlines menyetop sementara semua penerbangan yang melibatkan Boeing 777. Sebanyak 24 pesawat aktif pun dikandangkan. 

Keputusan itu diambil setelah pesawat Boeing 777-200 milik maskapai itu mengalami kerusakan mesin dan terpaksa putar balik ke Bandara Internasional Denver, Colorado, Amerika Serikat, Sabtu (20/2/2021) waktu setempat, setelah lepas landas menuju Hawaii.

Badan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB) menyatakan, pemeriksaan awal menunjukkan sebagian besar kerusakan hanya terjadi pada mesin kanan yang meledak, dengan hanya menyebabkan kerusakan kecil. Dua bilah kipas pada mesin itu retak, dan bagian casing atau penutup mesin jatuh nyaris mengenai rumah penduduk.

NTSB juga mengumumkan inspeksi tambahan pada semua pesawat Boeing 777 milik United Airlines yang menggunakan jenis mesin yang sama dengan Boeing 777-200 yang mengalami insiden tersebut. Inspeksi dilakukan terhadap pesawat dengan mesin seri Pratt & Whitney 4000 (P&W 4000).

Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) menyatakan, United Airlines adalah satu-satunya operator pesawat AS yang menggunakan pesawat jenis tersebut di Amerika. Sementara, pengguna lainnya berada di Jepang dan Korea Selatan.

"Kami meninjau semua data keamanan setelah insiden kemarin. Berdasarkan informasi awal, kami simpulkan pemeriksaan harus ditingkatkan untuk bilah kipas pada model mesin ini, komponen unik itu hanya ada pada pesawat Boeing 777,” ujar FAA, dikutip Reuters, Senin (22/1/2021).

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2