Universitas Tasmania Australia Beli Hotel untuk Jadi Asrama Mahasiswa

Nathania Riris Michico ยท Jumat, 25 Mei 2018 - 07:21:00 WIB
Universitas Tasmania Australia Beli Hotel untuk Jadi Asrama Mahasiswa
Hotel Midcity di Hobart akan menjadi asrama yang menampung lebih dari 170 orang mahasiswa pada awal 2019. (Foto: TripAdvisor Australia)

TASMANIA, iNews.id - Krisis akomodasi mendorong Universitas Tasmania (UTAS), Australia, membeli sebuah hotel bintang tiga di Hobart, Tasmania, untuk membantu menyediakan tempat tinggal terjangkau bagi mahasiswa.

Rektor UTAS, Rufus Black, mengumumkan pihaknya membeli Hotel Midcity yang memiliki 105 kamar. Menurut rencana, hotel itu akan menampung 140 mahasiswa begitu semester kedua dimulai pada Juli 2018.

Daya tampung hotel ini akan ditingkatkan menjadi 170 mahasiswa pada awal 2019 setelah dilakukan renovasi.

Data yang dirilis pada Rabu (23/5) menunjukkan, Hobart melampaui Sydney sebagai kota dengan masalah biaya harga sewa rumah termahal.

"Kami menyadari pasar perumahan yang ketat di Hobart dan dampaknya terhadap individu, keluarga, dan masyarakat luas," kata Profesor Black, seperti dilaporkan Australia Plus ABC.

UTAS juga mengumumkan akan membangun komplek akomodasi senilai 70 juta dolar AS yang dapat menampung 430 mahasiswa. Komplek ini dijadwalkan selesai pada 2020.

Ditambah dengan Hobart Apartments yang baru selesai dibangun, penambahan Hotel Midcity ini diharapkan akan menghadirkan lebih dari 1000 akomodasi bagi mahasiswa UTAS di kawasan pusat bisnis.

Mahasiswa internasional yang terdaftar di UTAS terpaksa tinggal di hostel backpacker karena akomodasi universitas sudah penuh dan rumah sewa sangat sulit didapatkan. Namun Black memastikan UTAS berkomitmen menyediakan infrastruktur dan layanan pendukung bagi mahasiswa.

"Kami berkomitmen untuk menunaikan tanggung jawab kami untuk menghadapi tantangan yang kita hadapi bersama masyarakat Tasmania," ujar dia.

Editor : Nathania Riris Michico