Unjuk Rasa Berujung Rusuh di Inggris, 2 Aparat Terluka dan Mobil Polisi Dibakar

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 22 Maret 2021 - 12:14:00 WIB
Unjuk Rasa Berujung Rusuh di Inggris, 2 Aparat Terluka dan Mobil Polisi Dibakar
Unjuk rasa di Bristol Inggris berujung ricuh, Minggu (21/3/2021). (Foto: Reuters)

BRISTOL, iNews.id – Dua polisi terluka parah dalam kericuhan yang berlangsung setelah unjuk rasa damai di Kota Bristol, Inggris, Minggu (21/3/2021) malam. Selain itu, dua kendaraan polisi juga dilaporkan dibakar massa.

Ribuan demonstran berkumpul di pusat kota Bristol untuk memprotes RUU yang bakal memberikan polisi kekuatan baru untuk membatasi aksi protes jalanan. RUU itu akan disahkan parlemen.

Kepolisian Avon dan Somerset menyatakan, unjuk rasa awalnya berlangsung damai. Akan tetapi, aksi itu kemudian berubah menjadi gangguan keamanan gara-gara ulah segelintir orang.

Menteri Dalam Negeri Inggris, Priti Patel, mengatakan lewat Twitter bahwa kerusuhan di Bristol itu tidak dapat diterima.

“Premanisme dan kekacauan oleh sekelompok kecil orang ini tidak akan pernah bisa ditoleransi. Petugas polisi kita membahayakan diri mereka sendiri untuk melindungi kita semua. Pikiranku malam ini tertuju pada para petugas polisi yang terluka itu,” cuitnya.

Dua polisi dilarikan ke rumah sakit. Salah satunya dengan kondisi lengan patah. Sementara yang satu lagi mengalami tulang rusuk patah. Beberapa petugas lainnya mengalami kekerasan dan pelecehan secara verbal. 

Tak cukup sampai di situ, bagian luar kantor polisi di pusat kota Bristol juga dirusak massa.

Kepolisian Avon dan Somerset menyatakan, mereka telah meminta bantuan personel dari kepolisian di wilayah tetangga untuk mengendalikan situasi.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2