Upacara Pernikahan Maut, 63 Ayam Mati Kena Serangan Jantung

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 26 November 2021 - 10:01:00 WIB
Upacara Pernikahan Maut, 63 Ayam Mati Kena Serangan Jantung
Ilustrasi prosesi pernikahan di India. (Foto: Reuters)

NEW DELHI, iNews.id – Upacara pernikahan tradisional di India berubah menjadi insiden maut. Prosesi yang diiringi dengan musik yang menghentak-hentak, kembang api, tarian, dan orkes tiup itu dituding menjadi penyebab kematian 63 ayam, akhir pekan lalu.

Ranjit Kumar Parida mengatakan, pesta perkawinan itu mengeluarkan suara yang memekakkan telinga saat melewati peternakan unggasnya di Negara Bagian Odisha yang terletak di India Timur. Peristiwa itu berlangsung sesaat sebelum tengah malam pada Minggu (21/11/2021).

“Saya meminta operator band untuk menurunkan volume musiknya karena terlalu berisik dan menakutkan ayam. Tetapi mereka tidak mendengarkan keluhan saya. Rekan-rekan mempelai pria malah meneriaki saya,” kata Parida kepada AFP, baru-baru ini.

Seorang dokter hewan memberi tahu pria itu bahwa ayam-ayamnya mati karena serangan jantung. Parida lantas mengadukan perkara itu ke polisi setelah penyelenggara pernikahan menolak untuk membayar kompensasi alias ganti rugi kepadanya.

Profesor zoologi Suryakanta Mishra—yang pernah menulis buku tentang perilaku hewan—mengatakan kepada Hindustan Times bahwa suara keras memang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular pada unggas.

“Ayam diatur oleh ritme sirkadian yang dikendalikan oleh siklus terang/gelap alami siang dan malam,” tuturnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: