Usai Kuasai Luhansk Ukraina, Rusia Disebut Bakal Fokus Taklukkan Donetsk

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 04 Juli 2022 - 16:39:00 WIB
Usai Kuasai Luhansk Ukraina, Rusia Disebut Bakal Fokus Taklukkan Donetsk
Pasukan milisi pro-Moskow mengibarkan bendera Republik Rakyat Luhansk (LPR) dan bendera negara Rusia, Maret lalu. (Foto: Reuters)

KIEV, iNews.id – Pasukan Rusia berhasil menguasai sepenuhnya wilayah Luhansk, Ukraina. Kini, militer Moskow akan mengalihkan fokus utama perangnya ke wilayah Donetsk, kata pejabat Ukraina di Luhansk.

Gubernur Luhansk Ukraina, Serhiy Gaidai mengatakan, dia memperkirakan Kota Sloviansk dan Kota Bakhmut bakal mendapatkan serangan berat tatkala Rusia berusaha mendapatkan kendali penuh atas Donetsk.

“Kehilangan wilayah Luhansk  ini menyakitkan, karena dia adalah wilayah Ukraina. Bagi saya pribadi, dia istimewa. Ini adalah tanah air tempat saya dilahirkan dan saya juga pemimpin wilayah ini,” kata Gaidai dalam wawancara kepada Reuters, Senin (4/7/2022).

Rusia mengklaim telah memperoleh kontrol penuh atas wilayah Luhansk, menyusul penarikan pasukan Ukraina dari Kota Lysychansk yang dibombardir Moskow selama beberapa pekan terakhir. Kendati demikian, Gaidai mengatakan, pertempuran masih berlanjut di dua desa kecil di wilayah itu.

“Dalam hal militer, (tentara) meninggalkan posisi itu buruk, tetapi tidak ada yang gawat. Kita hanya perlu memenangkan perang, bukan pertempuran untuk Lysychansk saja. Ini sangat menyakitkan, tapi itu bukan berarati kalah perang,” ujarnya.

Gaidai menuturkan, penarikan tentara Ukraina dari Lysychansk sudah melalui komando yang terpusat dan tertib. Saat ini, yang paling penting adalah menyelamatkan nyawa tentara Ukraina yang berada dalam bahaya dikepung oleh Rusia.

“Mereka (pasukan Rusia) tidak akan mentransfer 100 persen pasukan mereka ke beberapa garis depan, karena mereka perlu mempertahankan batas. Jika mereka meninggalkan posisi mereka, kami dapat melakukan semacam serangan balasan,” kata Gaidai yakin.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda