Viral, Pilot Etihad Daratkan Pesawat Airbus A380 Nyaris Vertikal akibat Terjangan Badai

Anton Suhartono ยท Rabu, 19 Februari 2020 - 02:18 WIB
Viral, Pilot Etihad Daratkan Pesawat Airbus A380 Nyaris Vertikal akibat Terjangan Badai

Pesawat Airbus A380 Etihad Airways mendarat di tengah Badai Dennis di London (Screengrab: YouTube)

LONDON, iNews.id - Pilot pesawat maskapai Etihad Airways mendapat pujian dari netizen setelah berhasil mendaratkan pesawat jumbo Airbus A380 di tengah terjangan Badai Dennis di Bandara Heathrow, London, Inggris.

Pesawat tak bisa mendarat sempurna karena lokasi pendaratan diterjang Badai Dennis, menyebabkan dibatalkannya ratusan penerbangan.

Video pendaratan pesawat maskapai pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) itu menjadi viral setelah diunggah di media sosial pada Sabtu pekan lalu.

Dalam tayangan, pesawat seperti melayang dan mendarat secara vertikal dari kejauhan. Pilot menghadapi crosswind sehingga laju pesawat tampak tertahan saat proses pendaratan.

Posisi belakang pesawat melenceng ke kanan sampai roda menyentuh landasan lalu pesawat berjalan lurus kembali.

Menurut laporan Sky News saat itu angin bertiup 80 kilometer per jam yakni datang dari arah depan pesawat.

Etihad Airways mengonfirmasi bahwa pesawat berangkat dari bandara Abu Dhabi menuju London, namun tak mengungkap identitas sang pilot.

Seorang pembaca media UEA Khaleej Times, Ayesha Munawar, memuji kemampuan pilot dalam mengendalikan pesawat sampai berhasil mendarat. Sayangnya, maskapai belum merilis identitas pilot pahlawan itu.

"Teknik yang benar-benar luar biasa dan tentu saja pilot terampil yang berpengalaman. Pekerjaan yang baik bisa mendaratkan dengan selamat," kata dia.

Badai Dennis mengacaukan penerbangan di seluruh Inggris. Pada Minggu (16/2/2020) pagi saja sekitar 170 penerbangan ditunda dan dibatalkan.

Editor : Anton Suhartono