Viral Video Presiden Pertama Timor Leste Xanana Gusmao Cium Kening Habibie di RS

Nathania Riris Michico ยท Jumat, 13 September 2019 - 10:20 WIB
Viral Video Presiden Pertama Timor Leste Xanana Gusmao Cium Kening Habibie di RS

Presiden Timor Timur (Timor Leste) saat mencium kening Presiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie. (FOTO: doc. Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Sebuah video yang menunjukkan Presiden Timor Timur (Timor Leste) Xanana Gusmao menjenguk Presiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie viral di media sosial. Dalam video itu, Gusmao menangis dan mencium kening mantan Presiden Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie yang terbaring di ranjang rumah sakit.

Momen mengharukan itu terjadi saat Habibie masih menjalani perawatan di rumah sakit. Kunjungan itu terjadi pada Juli 2019, sebelum negarawan Indonesia itu wafat pada Rabu (11/9/2019).

Setelah mengecup kening Habibie, Gusmao yang menangis membenamkan kepalanya di dada mantan pemimpin Indonesia tersebut. Kepala Gusmao terlihat dibelai lembut.

Ada beberapa kata hening yang tak jelas terdengar dalam video tersebut. Video ini dilihat lebih dari 1 juta pengguna media sosial Facebook, Twitter hingga Instagram. Tak jelas siapa yang merekam adegan mengharukan ini, namun video tersebut salah satunya di-posting pengguna akun Facebook Alberto XP Carlos yang berbasis di Dili pada 22 Juli 2019.

Habibie, yang menggantikan Presiden Soeharto pada 1998, mengizinkan referendum kemerdekaan Timor Timur. Pada saat itu, Gusmao—seorang mantan pemimpin gerilyawan pasukan Falintil Timor Timur—dipenjara di penjara Cipinang selama tujuh tahun setelah ditangkap pasukan Indonesia pada 1992.

Presiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie saat memeluk dan mengusap kepala Presiden Timor Timur (Timor Leste) Xanana Gusmao usai keningnya dicium. (FOTO: doc. Instagram)

Keputusan Habibie mengizinkan referendum pada 1999 membantu membuka jalan bagi kebebasan Gusmao pada akhir tahun itu.

Habibie wafat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019) setelah dirawat karena gagal jantung.

Setelah mendengar berita meninggalnya Habibie, Gusmao mengirim sebuah karangan bunga yang bertuliskan: "Orang Timor akan mengingat Anda selamanya".

Curahan kesedihan dan belasungkawa untuk Habibie masih terus menggema di media sosial. Tak sedikit orang Indonesia memuji keputusannya untuk memberikan Timor Leste hak kebebasan.

Hampir dua pekan lalu, pemerintah Timor Leste meresmikan jembatan baru yang diberi nama Habibie. Peresmian itu tepat pada hari peringatan referendum kemerdekaan.

Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak turut menyampaikan belasungkawa.

"Belasungkawa tulus saya atas meninggalnya mantan Presiden Indonesia BJ Habibie. Tidak hanya orang Indonesia kehilangan dia, tetapi kami juga kehilangan dia. Dia memberi kami dua pilihan dan rakyat kami memutuskan kemerdekaan dan sekarang adalah negara yang bebas dan mandiri," tulis PM Ruak, yang dikutip dari akun Twitter-nya, @TaurDe.

Selain itu warga dan pejabat Jerman ikut berduka atas wafatnya Habibie. Wakil Duta Besar Jerman untuk Indonesia Hendrik Barkeling menyampaikan ucapan belasungkawa atas nama pemerintah Jerman.

"Atas nama pemerintah Jerman kami menerima berita berpulangnya Presiden ketiga Indonesia Bapak BJ Habibie, dengan kesedihan dan kepedihan yang mendalam,” kata Hendrik, saat dijumpai di Patra Kuningan.

Hendrik mengatakan, Habibie merupakan figur penting, tak hanya bagi Tanah Air, namun juga bagi hubungan Indonesia dan Jerman.

"Bapak Jusuf Habibie berjasa luar biasa bagi Indonesia, maupun bagi persahabatan Indonesia-Jerman. Kami mengenang beliau dengan rasa terima kasih yang abadi," ujarnya.


Editor : Nathania Riris Michico