Wabah Kolera Mengganas di Suriah, Jumlah Korban Meninggal 29 Orang

Umaya Khusniah ยท Selasa, 27 September 2022 - 15:23:00 WIB
Wabah Kolera Mengganas di Suriah, Jumlah Korban Meninggal 29 Orang
Jumlah korban meninggal akibat kolera di Suriah meningkat menjadi 29 orang. (Foto: Reuters)

AMMAN, iNews.id - Jumlah korban meninggal akibat kolera di Suriah meningkat menjadi 29 orang. PBB menyebut ini sebagai wabah penyakit terburuk di negara yang dilanda perang selama bertahun-tahun tersebut. 

Kementerian Kesehatan Suriah pada Senin (26/9/2022) mengatakan,  pengujian penilaian cepat telah mengonfirmasi 338 kasus sejak wabah pertama kali tercatat bulan lalu. Sebagian besar kasus dan kematian di Provinsi Aleppo utara.

Ada 230 kasus berada di Provinsi Aleppo. Sebanyak 25 orang di antaranya dipastikan meninggal. Sementara sisanya tersebar di Suriah.

PBB mengatakan, wabah itu diyakini terkait dengan irigasi tanaman menggunakan air yang terkontaminasi. Orang-orang juga meminum air yang tidak aman dari Sungai Efrat yang membelah Suriah dari utara ke timur. 

Penyakit yang sangat menular itu juga telah menyebar ke daerah-daerah yang dikuasai Kurdi dan oposisi di Suriah utara dan barat laut. 

Komite Penyelamatan Internasional (IRC) berbasis di AS yang beroperasi di wilayah utara mengataan, kasus yang dicurigai kolera  telah meningkat menjadi 2.092 di timur laut Suriah. Ada kekhawatiran akan kasus yang tidak dilaporkan dalam jumlah yang signifikan.

LSM Barat mengatakan akses ke air minum yang aman merupakan tantangan besar di Suriah. Wilayah ini memiliki 40 persen lebih sedikit air minum dari pada sebelum konflik dimulai.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda