Wabah Virus Corona, Rusia Hentikan Semua Penerbangan Internasional

Anton Suhartono ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 14:54 WIB
Wabah Virus Corona, Rusia Hentikan Semua Penerbangan Internasional

Rusia menghentikan semua penerbangan internasional terkait wabah virus corona (Foto: AFP)

MOSKOW, iNews.id - Rusia menghentikan semua penerbangan internasional terhitung mulai Jumat (27/3/2020) dini hari, menyusul dikeluarkannya dekrit oleh pemerintah sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona.

Badan penerbangan sipil Rusia Rosaviatsiya, seperti dikutip dari AFP, menyatakan, salah satu isi dekrit yang dikeluarkan pada Kamis (26/3/2020), memerintahkan otoritas untuk menghentikan semua penerbangan reguler dan charter internasional mulai Kamis 2100 GMT, kecuali penerbangan khusus untuk menjemput warga Rusia yang berada di luar negeri.

Selain penjemputan, penerbangan yang terkait dengan kepentingan pemerintah masih diperbolehkan. Sementara itu penerbangan domestik tetap beroperasi normal.

Lebih lanjut pemerintah menyatakan, warga Rusia di luar negeri yang tidak dapat pulang karena terkena aturan pembatasan harus mengambil langkah-langkah agar tetap dalam kondisi aman.

Keputusan itu juga meminta kementerian keuangan mengalokasikan dana untuk memulangkan warga Rusia. Mereka yang kembali akan menjalani pemeriksaan kesehatan serta karantina selama 2 pekan.

Rusia hingga Rabu mengonfirmasi 658 kasus Covid-19, dua di antaranya meninggal.

Sebelumnya Rusia sudah membatasi penerbangan menuju dan dari negara Uni Eropa serta menutup perbatasan dengan negara tetangga.


Editor : Anton Suhartono